Ikuti Festival di Turki Bupati Bener Meriah Boyong Pelaku Kopi

REDELONG: Dalam rangka promosikan kopi Gayo, Bupati Bener Meriah Ahmadi, SE boyong para pelaku kopi di Bener Meriah ke Istanbul, Turki yakni para eksportir, Barista dan Q Grader dan Koperasi yang bergerak dalam usaha kopi . Hal tersebut ia sampaikan dalam konferensi pers. Senin (18/9/2017).

Para pelaku kopi ini akan mengikuti Istanbul Coffee Festival (ICF) di Istanbul yang akan digelar mulai 22 September 2017 “Targetnya nanti kita harapkan terjadi kontrak atau MoU dengan para importir kopi dari Turki dengan para eksportir kopi dari Bener Meriah” kata Ahmadi.

Selain mempromosikan keunggulan Gayo dihadapan para pencinta kopi dan para Buyer (pembeli) yang ada di Turki, Bupati bersama Gubernur Aceh Irwandi Yusuf serta rombongan juga akan melakukan pertemuan bisnis dengan para Gubernur Provinsi bagian Turki selama tiga hari.

Istanbul Coffee Festival dihadiri oleh 150 lebih Buyer dari Turki, dalam forum bisnis tersebut Bupati Bener Meriah juga diberi kesempatan oleh Pemerintah Turki untuk memberikan paparan atau persentasi tentang keunggulan kopi Gayo dalam dua bahasa.

Bupati direncanakan akan berada di Turki selama lima hari. “Kita akan bawa Arabika Specialty dan varian lain seperti Pebbery, luwak dan Arabika Specialty dengan berbagai ketinggian dengan cita rasa yang tentunya berbeda. Q Grader nantinya akan menjelaskan kepada Buyer”jelas Ahmadi.

Selain Bupati Bener Meriah, Para pelaku kopi yang ikut dalam rombongan adalah Q Grader Mahdi Usati, untuk Barista Sadikin dari Seladang Coffee dan Zuka dari Grabi Coffee, mereka diberangkatkan dengan biaya yang ditanggung oleh Pemda Bener Meriah. Sementara dari Koperasi yang ikut adalah Koperasi Gayo Mandiri dan Redelong Organik, kedua koperasi ini berangkat dengan biaya sendiri.

“Kegiatan ini dinilai sangat positif untuk menjamin kepastian harga kopi terutama kopi Gayo, karena seperti diketahui Turki adalah Negara dengan penikmat kopi terbesar di Eropa Tengah, mereka nikmati adalah kopi Arabika yang dari Bener Meriah, selama ini pasokan kopi bukan langsung dari kita tapi dari Eropa dan Amerika” kata Ahmadi. (Arsadi Laksamana)

Komentar Anda
SHARE