HUT IBI ke-68 Cabang ini Arahan Bupati Bener Meriah

  • Whatsapp

KABARGAYO.COM, Redelong: Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Bener Meriah ke-68 tahun 2019 di Gors setempat, Selasa, 14/1/2020.

Bupati diawal sambutan dan arahannya menyampaikan, “kalau saya dahulu tugasnya menyelesaikan orang yang sudah selesai dengan kehidupan ( mengantar orang keliang lahat), tetapi kalau yang hadir pada hari ini, yaitu ibu-ibu Bidan adalah orang yang menyambut kehidupan manusia ke muka bumi, ditangan mereka ini kehidupan itu bermula”, kata Bupati mengawali sambutannya.

Read More

Lebih lanjut juga menjelaskan, setiap orang tentu berhutang budi kepada para Bidan, karena orang yang lahir untuk menyambut kehidupan adalah di tangan para Bidan, ungkap Bupati.

“Selamat Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia Cabang Bener Meriah ke-68, semoga sukses terus, pengabdiannya jalan terus meskipun kondisinya tidak seindah harapan, karena tantangan dilapangan kadang-kadang luar biasa beratnya, tapi tetap dihadapi dengan senyuman”, kata Bupati Tgk. H. Sarkawi.

Kata Bupati Tgk. H. Sarkawi, semoga segala yang ibu Bidan lakukan bisa menjadi ladang amal, karena sudah menyambut kehidupan manusia yang memulai hidupnya di dunia ini, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga imngin memastikan apakah semua Ranting IBI di Bener Meriah hadir semua dari 14 Ranting yang ada, Alhamdulillah Bidan dari semua Ranting di Bener Meriah hadir semua, dan Bupati langsung memberi apresiasinya.

Lanjut Bupati, untuk Kabupaten Bener Meriah seperti diskusi yang dilakukan dengan Kementerian Kesehatan RI dan Dinkes Bener Meriah, bahwa setiap persalinan di Bener Meriah harus dilakukan di Rumah Sakit Pemerintah, dan tidak ada lagi yang melakukan persalinan di rumah masyarakat, gunanya adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, pinta Tgk. H. Sarkawi.

Sementara untuk Ratio angka kematian bersalin di Bener Meriah masih ada 12 dan angka ini sudah menurun bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, sementara ibu – ibu yang tidak terselamatkan dalam persalinan ada 4 orang, angka-angka ini semuanya harus kita tekan, tegas Bupati,

Dalam kesempatan itu Bupati juga berpesan untuk memperbanyak minum air putih, supaya tubuh kita tidak kekurangan cairan, apalagi untuk ibu-ibu yang mau melahirkan, minum ini penting, agar sewaktu persalinan tidak mengalami kekurangan cairan, pesan Bupati.

“Menyangkut masaalah pemerataan tenaga kesehatan, pemerataan Bidan Perawat, ini Rationya harus dijaga, jangan semuanya menumpuk di Simpang Tiga, jangan semuanya menumpuk di Rumah Sakit, jangan semuanya menumpuk di Pante Raya dan Bandar, kalau begitu bagaimana tanggung jawab sosial kita untuk masyarakat yang jauh di perkampungan, ini harus di lakukan pemerataan pinta Bupati kepada Kadis Kesehatan Bener Meriah.

Sementara Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah Ny. Nikmah Sarkawi dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia Cabang Bener Meriah ke-68.

“Saya mewakili dari pada ibu-ibu masyarakat Bener Meriah, apalagi untuk Ibu Bidan Halimah yang merupakan Bidan senior dan Bidan pertama di Kecamatan Bandar yang kala itu masih dalam wilayah Kabupaten Aceh Tengah”, ujar Ny. Nikmah Sarkawi.

“Terkhusus untuk Ibu Bidan Ismaniar, dimana beliau sudah menolong semua persalinan saya dari semua anak yang saya lahirkan adalah adalah lewat tangan beliau, terimakasih ibu Ismaniar”, tutup Ny. Nikamah Sarkawi.(REL)

  • Whatsapp

Related posts