Humas DPRK Aceh Tengah Sosialisasikan Program Tajuk Pikiran Rakyat

  • Whatsapp
Sosialisasi program inovasi Tajuk Fikiran Rakyat di Aula Gedung DPRK Aceh Tengah (Photo/Kabargayo)

Kabargayo.com, Takengon: Sekretariat DPRK Aceh Tengah melalui Bagian Hukum dan Humas DPRK Aceh Tengah sosialisasikan program tajuk fikiran rakyat secara online.

Program tersebut merupakan salah satu inovasi bagi sekretariat DPRK Aceh Tengah. Dasar nya dari keprihatinan bagian Humas mengenai masyarakat yang datang ke lembaga perwakilan rakyat itu untuk menyampaikan proposal.

Read More

Ketika proposal itu sampai ke gedung Dewan hanya diberikan rekomendasi untuk penganggaran nya kepada Pemohon.

Sesuai mekanisme, DPRK Aceh Tengah hanya menganggarkan. Bukan sebagai eksekutor halnya Eksekutif. Masyarakat sangat disayangkan, jauh-jauh datang ke DPRK hanya untuk mengirimkan proposal atau menemui dewan yang mewakili Dapil-nya, namun sampai di gedung itu yang bersangkutan tidak ditempat.

Diluncurkan progam secara online itu diharapkan dapat mengakomodir keluhan masyarakat, penyampaian aspirasi, maupun pengiriman proposal.

Sosialisasi itu diperuntukkan bagi Kasi Infokom empat belas Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Tengah di

Ketua ASDEKSI Aceh, Wndi Darsa mengucapkan terimakasih kepada para peserta sosialisasi yang telah meringankan langkah untuk dapat hadir ke gedung DPRK Aceh Tengah.

Kegiatan itu kata dia, salah satu inovasi dari Sub Bagian Humas DPRK yang telah beberapa kali dikonsultasikan ke berbagai lembaga terkait, seperti Kominfo Aceh, LAN Aceh dan Sekretariat DPRA di banda Aceh.

“Ini inovasi yang harus dikembangkan, mempermudah urusan birokrasi di tubuh Sekretariat DPRK,” pungkas Windi Darsa, Rabu 05/01/2022.

Sementara itu, Kabag Hukum dan Humas, Firmansyah, S.Si mengatakan, sosialisasi hari itu dilakukan untuk memperkenalkan aplikasi, sekaligus untuk menjelaskan cara kerja dari aplikasi tersebut, meskipun telah dapat digunakan sepenuhnya dan telah di simulasikan beberapa kali namun untuk kesempurnaannya harus mendapatkan masukan atau saran dari pihak Kecamatan yang merupakan perwakilan pemerintah tingkat I dan lembaga yang bersentuhan langsung dengan masyarakat setelah pemerintah kampung.

“Walaupun aplikasinya telah dapat digunakan, namun mengenai SOP nya harus disesuaikan kembali sesuai dengan kebutuhan dilapangan, oleh karena itu masukan para perwakilan dari kantor camat sangat membantu kami” ungkapnya.

Selanjutnya Nilafiani, S.I.Kom di dampingi Mukhlis Andika, SE, mengaku, secara teknis mengenai aplikasi tersebut telah dapat di gunakan, namun, untuk kesesuaian dengan kebutuhan, perlu dimintai pendapat dari kecamatan. Oleh karena itu selain di perkenalkan aplikasi pihaknya juga minta pendapat dari masing-masing kecamatan.

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, dan selain kita perkenalkan aplikasinya kita juga meminta pendapat secara teknisnya program ini dapat berjalan dengan efektif dan efisien, ” tutup Nilafiani. (KG31)

Related posts