Hujan Deras, Cafe Saladang Digenangi Air Setinggi 50 cm

  • Whatsapp
Cafe Seladang di Bener Meriah digenangi air setinggi 50 CM setelah hujan deras yang mengguyur Bener Meriah, Rabu (13/5/2020)

Kabargayo.com, Redelong: Hujan deras yang mengguyur Bener Meriah, membuat Seladang Cafe milik Sadikin Gembel yang berlokasi di Kampung Jamur Ujung Kecamatan Wih Pesam digenangi oleh air setinggi 50 cm, Rabu (13/5/2020).

Sadikin menyebutkan, air mulai hujan  lebat yang mulai menguyur sejak Selasa (12/5/2020) sore sekira pukul 16:00 wib. menyebabkan beberapa kolam dan peralatan café ikut terendam. 

Read More

Munurutnya, air yang membanjiri tempat tinggal dan usahanya tersebut merupakan air kiriman yang tidak dapat keluar melintasi jalan Provinsi Bireun. “ Sebelumnya ada kawasan rawa yang dapat menampung air hujan namun saat ini sudah banyak yang ditimbun untuk perumahan sehingga terjadinya banjir,” ungkapnya.

Selain itu katanya ada dua sumber air yang yang tidak dapat keluar melintasi jalan lintas Nasional Takengen-Bireun  akibat turap drainase yang dibangun sebelumnya terlalu kecil dan tinggi sehingga ketika anak suangai meluap air tersebut membajiri rumahnya.  

Ia menambahkan, musibah banjir tersebut terjadi yang kedua kalinya setelah tahun 2018 lalu dan ia mengaku khawatir banjir tersebut menjadi agenda tahunan yang tidak dapat terelakkan. “ Banjir yang terjadi saat ini merupakan yang terparah dan hingga saat ii air belum juga surut” ungkapnya.

Ia juga mengaku belajar dari pengalaman banjir sebelumnya sudah berupaya membuat turap keliling dan kolam untuk mengantisipasi banjir namun debit air terlalu besar  dan tetap menggenagi tempat tinggal dan perkebunanya.

Disebutkanya, Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi sebelumnya juga sudah berkujung dan ia juga sudah mengusulkan untuk membuat parit serta gorong-gorong namun  ruas jalan tersebut merupkan jalan nasional.

Sadikin juga mengaku dampak dari covid 19 sudah tidak membuka tempat usahanya tersebut sejak 22 Meret 2020 dikarenakan, sebahagian pelanggan yang datang bersal dari luar daerah dan akibat banjir ini pihknya juga tidak membuka pada lebaran nanti. (MS)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts