Hasil Uji Baca Al-Qur,an di Aceh Tengah, 20 Bacaleg Gugur

TAKENGON: Hasil dari uji baca Al-Qur,an yang dilaksanakan KIP Aceh Tengah, sebanyak 20 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tengah dinyatakan gugur.

Ketua KIP Aceh Tengah, Marwansyah mengatakan,
dari seluruh tahapan Uji Baca Al-Qur’an mulai tanggal 28-31 Juli 2018, keseluruhan peserta adalah 462 Bacaleg. Dari semua jumlah tersebut ada 19 Bacaleg yang diganti. Setelah diuji, 20 Bacaleg dinyatakan tidak lulus, jadi jumlah Bacaleg yang ada lolos adalah 449 Bacaleg.

Dari 43 peserta yang tidak hadir setelah dua hari pelaksanaan Uji baca Al-Qur’an, kata Marwansyah, Partai politik telah diberikan kesempatan pada tanggal 31 Juli 2018 tapi hanya dihadiri oleh 14 Bacaleg, setelah itu Parpol diberikan kesempatan lagi untuk melakukan penggantian, ada juga Parpol yang tidak melakukan penggantian Bacaleg.

Sedangkan untuk Bacaleg yang sakit, yakni satu Bacaleg sedang dirawar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Beru Takengon telah didatangi oleh KIP Aceh Tengah untuk Uji baca Al-Qur’an, sedangkan satu Bacaleg lainnya yang sedang dirawat di rumahnya juga didatangi KIP Aceh Tengah dan melakukan Uji Baca Al-Qur’an, hasilnya kedua Bacaleg tersebut dinyatakan lulus.

Setelah uji baca Al-Qur’an, pada 8 hingga 11 Agustus 2018 KIP Aceh Tengah akan melakukan penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS) dan pada 12-15 Agustus 2018 akan dilakukan pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS). (Wein Pengembara)

SHARE