Hasanuddin Darjo, Petani Tidak Pernah Pansiun 

0
Drs Hasanuddin Darjo. MM bersama Kadis Pertanian Ir. Nurisman, Kadis Perdagangan, Drs. Sahirman, dan penyuluh Pertanian

REDELONG : Semua Jabatan yang kita emban, baik Jenderal, Panglima TNI, Kapolri, Kapolres Gubernur, dan Bupati itu semua akan mengalami masa Pansiun bila tiba waktunya nanti. Namun yang tidak pernah pansiun itu adalah Petani. Hal tersebut disampaikan Drs. Hasanuddin Darjo. MM Pelaksana tugas ( Plt ) Bupati Kabupaten Bener Meriah Sabtu ( 19/11 ) dalam acara Gerakan Penen Penangkaran Kentang G G1 di halaman terminal Terpadu Gudang Barang  Ketipis Kecamatan Bukit. 

Hasanuddin Darjo Dalam sambutannya mengatakan, petani tidak pernah akan pansiun, untuk itu sektor pertanian adalah salah satu yang harus ditingkatkan guna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Di Kabupaten Bener Meriah banyak pohon uang, ada yang bergelantungan dan menancab kebumi. Namun bila kita hanya melihat buah-buahan yang bergelantungan itu hanya sekedar pohon maka itu sanggatlah rugi. Kata Hasanuddin Darjo. 

” seperti pohon alpukat, jeruk, markisah, buah kentang, dan yang lainnya itu sebenarnya adalah buah dolar, ringit rupiah. Artinya buah tersebut adalah Pohon pohon uang. Ujar Hasanuddin Darjo. 

Untuk itu dalam kesempatan ini, saya mengajak semuanya untuk menanam buah-buahan yang dapat menghasilkan uang. Dan menanam adalah profesi petani dan kita semua adalah petani. Pungkas Hasanuddin Darjo. 

Dia juga menceritakan, ” dulu semenjak saya berumah tangga dan dikaruniai seorang anak, baru saya memulai usaha tani. Dan yang pertama saya tanam pada masa itu adalah kelapa,  saat itu istri saya sempat bilang kalau saya,,” gila” ngapain tanam kelapa tapi saya diam saja dikatain gula, bahkan banyak Kepala Kepala Dinas berkata sama ngapain menanam. Tapi alhamdulillah sekarang apa yang saya tanam tersebut sudah dapat menghasilkan uang. Ujar Hasanuddin Darjo. 

” Menurut saya jabatan Plt Bupati itu tidak hebat, tapi yang paling hebat itu adalah petani ” tuturnya. 

Lanjutnya lagi, alhamdulillah pada sekarang ini saya adalah ketua forum tanaman Kakao. Sebelumnya juga sempat diremehkan kawan-kawab dengan mengatakan entah apa apa menanam kakao, tetapi suatu ketika di dalam acara yang dilaksanakan Dinas Pertanian dalam spanduk yang dipasang adalah gambar kakao dan gambar tumpukan uang seratus ribuan. Papar Hasanuddin Darjo. ( Gona ) 

Komentar Anda
SHARE