Hasanuddin Darjo Buka Peningkatan Kemampuan Kapasitas dan Penilaian Kelas Kelompok Tani

0
Drs Hasanuddin Darjo MM

REDELONG : Pelaksana tugas ( Plt )  Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs Hasanuddin Darjo MM membuka kegiatan peningkatan kemampuan kapasitas dan penilaian kelas kelopok tani tahun 2016 di Gedung serba guna KLK, Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam, Selasa (12/12)
Acara yang di gelar oleh Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan ( BPPKP ) Bener Meriah turut di hadiri para pejabat perangkat daerah beserta jajaran, para camat, para reje kampong (kepala Kampung-red).

Drs Hasanuddin Darjo MM  dalam kesempatan itu menyampaikan, petani memiliki empat tingkatan (kelas) diantaranya, petani pemula, petani lanjutan, petani madiya, dan petani utama, setelah semua itu terpenuhi baru akan menjadi petani handalan.

“Meningkatkan kapasitas petani tentu tidak cukup hanya oleh pemerintah saja, yang terpenting bagaimana petani kita menjadi lisik, bidik, dan cerdik,”ujarnya.

Plt Bupati Bener Meriah itu berharap, dengan semangat yang dimiliki peningkatan kemampuan kapasitas dan penilaian kelas kelompok di kabupaten ini jangan pernah berhenti, “saya meminta penyuluh terus turun kelapangan dan memberikan suasana baru kepada dunia pertanian kita di Bener Meriah,”kata Drs. Hasanuddin Darjo MM.

Sementara itu, Kepala BPPKP  Bener Meriah Khairul Bardi, SP menyampaikan, tujuan kegiatan yang dilaksanakan tersebut untuk menyamakan persepsi tentang kelompok tani dan pembinaannya dalam uapaya meningkatkan sumber daya manusia pada kelompok tani melalui peningkatan kelas kelompok tani.
“Sesuai SK. Bupati Bener Meriah No.800/711/SK/2015. Tentang penetapan kelompok tani di Kabupaten Bener Meriah, jumlah kelompok tani 907 kelompok, yang terdiri dari 832 kelompok tani pemula, dan 25 kelompok tani lanjut,”katanya.

Lanjut  Khairul Bardi  permasalahan yang sering muncul dilapangan, pasang surutnya tingkat keaktifan dari kelompok tani di lapangan sangat tinggi untuk itu sangat diharapakan kerjasama kelompok tani. Ujarnya.(Rel)

Komentar Anda
SHARE