Harga Tomat Mulai Membaik Petani Tomat Kembali Bersemangat

BENER MERIAH-Harga tomat yang sebelumnya anjlok kini mulai membaik. Begitu juga dikabupaten Bener Meriah, kurangnya pasokan tomat dari petani membuat harga tomat berlahan-lahan mulai naik. Selasa, (11/10/2016).  

 Aman Dimin salah seorang petani dan pengumpul tomat dari petani mengatakan harga tomat saat ini di Bener Meriah Rp 2000,- tidak seperti sebelumnya yang berada dilevel Rp 600,-.  Harga tomat yang terpuruk membuat para petani sempat menelantarkan tamanan tomatnya, akibatnya pasokan tomat berkurang” Hal tersebut merupakan salah satu yang mendongkrak membaiknya harga tomat” ujarnya.

 Harga tomat memang cenderung fluktuatif di Bener Meriah selain disebabkan oleh tidak adanya pemetaan wilayah penanaman, para petani menanam tomat secara bersamaan hal ini menyebabkan hasil panen menumpuk, juga disebabkan oleh factor cuaca yang  juga sangat menentukan tingkat keberhasilan para petani.  Pada saat musim hujan, banyak petani tidak mau menanam tomat karena modal yang dikeluarkan terlalu besar.

 
Aman Dimin berharap, hal tersebut dapat diatasi oleh pemerintah daerah kabupaten Aceh Tengah” Seperti tenaga penyuluhan  tidak hanya bekerja di kantor melainkan turun kelapangan dan melakukan pendataan, jika waktu tanam dapat dikendalikan oleh pemerintah maka saya yakin pasokan barang akan dapat di netralisi, dan kita dapat mengatur harga untuk dipasarkan seperti halnya di daerah-daerah yang maju” sebutnya.   

 Selain itu Aman Dimin, berharap pemerintah menyediakan peluang pasar untuk para pedagang tomat dan petani, misalnya saja dengan mendirikan pabrik-pabrik saus di bener meriah sehingga permintaan pasokan tomat dapat bertambah.

 Sementara itu Abdul Rahmat salah seorang petani tomat lainnya di Bener Meriah mengatakan dengan membaiknya harga, para petani tomat di Bener Meriah mulai bersemangat setelah sebelumnya sempat lesu” Dengan harga pupuk yang makin mahal dan kebutuhan pokok yang juga makin naik, kami para petani tomat berharap harga dapat stabil”jelasnya.

Tamanan tomat sendiri membutuhkan perawatan yang insentif dan sangat peka terhadap perubahan cuaca. Saat musim hujan para petani tomat harus ekstra melakukan perawatan termasuk pemberian pupuk dan obat-obatan peptsida untuk mengusir hama.(Wien Pengembara)

Komentar Anda
SHARE