Hama “Misterius” Serang Kebun Kopi di Kampung Kepala Akal Atu Lintang

TAKENGON: Hama misterius serang Kebun Kopi di Kampung Kepala Akal, kecamatan Atu Lintang, Aceh Tengah. Menggerogoti daun-daun kopi dan tanaman pelindung.

Para petani resah dan khawatir tanaman mereka gagal panen jika hama yang ganas itu terus menyerang. Jika dibiarkan akan merusak tanaman kopi mereka.

Awalnya hama sejenis ulat tersebut menyerang tanaman pelindung kopi (pohon petai). Belakangan hama  turun menyerang pohon-pohon kopi mereka.

BACA: Kopi Terserang Hama di Kepala Akal Atu Lintang diperkirakan 20 Hektar Lebih

Camat Atu Lintang, Hermansyah ketika dikomfirmasi menyampaikan, hama tersebut diketahui telah menyerang sejumlah kebun-kebun kopi milik warga. Salah satunya kebun kopi milik Reje Kepala Akal.

“Reje Kepala Akal memang telah melaporkan kepada saya dan petugas penyuluh pertanian sendiri telah turun mengecek dan mengambil sampel untuk diteliti lebih jauh” terang Hermansyah. Jumat (19/7/2019)

Saat ini kata Hermansyah masih menunggu hasil pemeriksaan dari Penyuluh Pertanian.

” Kita belum tahu apa jenis hama tersebut, karena menunggu hasil dari penyuluh pertanian yang telah memeriksa langsung”ujarnya.

BACA:Hama Kopi di Kepala Akal Atu Lintang, Ini Penjelasan Kadis Pertanian Aceh Tengah

Sebelumnya, sebuah video yang direkam warga beredar di Medsos. Isinya tentang serangan hama yang belum diketahui jenisnya ini menyerang pohon kopi di Kampung yang mayoritas berprofesi sebagai petani kopi itu.

Video tadi menunjukan hewan seperti ulat yang sedang memakan daun-daun kopi. Jumlahnya tak hanya satu, memenuhi cabang-cabang pohon kopi. Tak hanya itu, pohon-pohon pelindung pohon kopi terlihat daun-daunnya sudah digerogoti hama.

Para petani kopi di kampung Kepala Akal berharap dinas terkait segera memperhatikan fenomena ini dan memberikan solusi. Secepatnya dapat diberantas dan petani terhindar dari hama yang belum diketahui apa jenisnya itu. (Arsadi Laksamana)

 

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!