Hama Kopi di Kepala Akal Atu Lintang, Ini Penjelasan Kadis Pertanian Aceh Tengah

  • Whatsapp

TAKENGON: Dinas Pertanian Aceh Tengah lakukan upaya pemberantasan hama yang menyerang tanaman kopi di Kampung Kepala Akal, Kecamatan Atu Lintang Aceh Tengah. Hama ini diketahui telah menyerang kebun-kebun kopi di daerah itu sejak empat pekan terakhir.

Awalnya hama sejenis ulat tersebut menyerang tanaman pelindung kopi (pohon petai). Belakangan turun ke pohon-pohon kopi menggerogoti dan memakan daun-daunnya, terutama daun-daun muda. Jumlahnya tak hanya satu, banyak memenuhi cabang-cabang pohon kopi.

BACA:┬áHama “Misterius” Serang Kebun Kopi di Kampung Kepala Akal Atu Lintang

Kepala Dinas Pertanian Aceh Tengah, Juanda kepada Kabargayo menerangkan, setelah menerima laporan dari petani, BPP Atu Lintang meninjau ke kebun-kebun warga.

” Hama ini tergolong baru dan sedang diamati, bentuk ulat warnanya sama dengan ranting kopi, sehingga banyak petani yang tidak tahu bahwa kebunnya terserang”ujar Juanda. Senin (22/7/2019).

Setelah dilaporkan ke Dinas, selang beberapa hari, POPT Distan langsung mengambil sampel hama. Selanjutnya, diteruskan ke Dinas Pertanian Provinsi Aceh untuk penanggulangan.

“Saat ini sudah dilakukan pengendalian hama dengan menggunakan metabolit sekunder APH beauveriabassiana. Penggunaan metabolit sekunder ini akan menginfeksi hama dan telur. Bila ulat saling kontak akan terinfeksi”jelas Juanda.

Penanggulangan ini, merupakan penanggulanagan secara biologis dan disebut tidak berefek pada tanaman kopi. Selain itu, juga aman terhadap lingkungan. Hama-hama lainnya juga ikut terbasmi.

“Kita harapkan dengan pengendalian ini dalam waktu dekat hama dan telur-telurnya akan musnah terinfeksi oleh Beuvariabassiana ini”harap Juanda.

Senada dengan itu, Sukamto petugas dari Dinas Pertanian Aceh Tengah menjelaskan hasil Lab yang resmi dari UPTD Hama Penyakit Tanaman Pertanian Dinas Pertanian Provinsi Aceh belum mereka terima.

“Namun dari hasil pengamatan oleh petugas laboratorium menunjukkan bahwa hama tersebut sejenis Ulat Jalan (Golongan insekta)”kata Sukamto. Senin (22/7/2019).

Untuk menanggulangi penyebaran hama, pihak Dinas Pertanian Aceh Tengah bersama BPP Atu Lintang dan masyarakat melakukan penyemprotan dengan obat yang diberi oleh UPTD Provinsi Aceh terkait.

“Hasilnya kita tunggu 3 sampai 4 hari mendatang” ungkap Sukamto.

Para petani berharap terutama di sekitaran Kampung Kepala Akal supaya hama ini dapat diberantas, agar tidak merugikan petani dan tidak menular ke kebun-kebun kopi lain disekitarnya.

BACA: Kopi Terserang Hama di Kepala Akal Atu Lintang diperkirakan 20 Hektar Lebih

“Kopi telah menjadi tulang punggung perekonomian warga, mudah-mudahan hama ini segera dapat diberantas dan tak merusak tanaman kopi”pinta Juraini warga kampung yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani kopi itu.( Arsadi Laksamana)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.
  • Whatsapp

Related posts