Gubernur Dijadwalkan Buka Rakerda Dekranasda se-Aceh di Bener Meriah

0

BANDA ACEH- Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdulah, dijadwalkan akan membuka secara resmi, Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) se-Aceh, yang akan dipusatkan di Kabupaten Bener Meriah.

 
Penjelasan tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah Aceh, Frans Dellian SSTP M Si, selakau Ketua Bidang Dikumentasi dan Publikasi Dekranasda Aceh, Jum’at (14/10/2016).

“Sesuai dengan jadwal, Bapak Gubernur Aceh selaku Pembina Dekranasda Aceh akan membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah  Dewan Kerajinan Nasional Daerah Aceh se-Aceh.   Acara ini juga akan dihadiri oleh Ketua Dekranasda Aceh, Niazah A Hamid,” Kata Frans.

 
Frans menambahkan, penyelenggaraan Rakerda juga akan dirangkai dengan pameran produk kerajinan unggulan daerah, yang dipusatkan di halaman depan Pendopo Bupati Bener Meriah. Sedangkan Rakerda yang akan berlangsung dari tanggal 18-19 Oktober akan dipusatkan di Aula Setdakab bener Meriah.

 
Di hari terakhir Rakerda dan pameran, juga akan diumumkan pemenang aneka lomba, yaitu Laporan Terbaik, Produk Kerajinan dan Makanan Unggulan, Stand Pameran Terbaik dan Desa Kerajinan Terbaik.

 
“Rakerda Dekranasda merupakan agenda tahunan yang pelaksanaannya digilir di masing-masing kabupaten/kota. Dan tahun ini Kabupaten Bener Meriah yang menjadi Tuan Rumah,” kata Frans.

Frans memaparkan, tema Rakerda tahun ini adalah ‘Perajin Dekranas Aktif di Dunia Digital’, yang mengandung tiga makna penting, yaitu memajukan kerajinan Aceh, terutama dalam menghadapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN melalui media digital.

 
Mendorong para pengrajin Aceh melek teknologi, agar pemasaran produk kerajinan dapat dilakukan secara digital, sehingga mampu menjawab kesulitan yang dihadapi perajin dalam memasarkan hasil produksi.

 
Terakhir, Pengembangan kerajinan dewasa ini membutuhkan kualitas dan kreatifitas yang harus mampu bersaing, karena produk industri kerajinan harus selalu mengacu pada trend pasar serta perilaku konsumen yang terus berkembang.

 
“Kekuatan ini yang akan membuka peluang usaha kerajinan daerah bersaing secara global. Inilah alasan utama pelaksanaan Dekranasda mengangkat tema ‘Perajin Dekranas Aktif di Dunia Digital’. Demi kebangkitan perajin daerah, mari kita sukseskan kegiatan ini,” pungkas Frans Dellian. (Rel)

Komentar Anda
SHARE