Gubernur Aceh Tinjau Kesiapan Pilkada

0

ACEH UTARA- Dalam rangka memantau kesiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Aceh, yang akan berlangsung besok (Rabu, 15/2). Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, bersama Kapolda Aceh, Pangdam Iskandar Muda dan Ketua Komisi Independen Pemilihan Aceh, melakukan peninjauan ke tiga kabupaten, yaitu Aceh Timur, Aceh Utara dan Pidie.

Gubernur beserta rombongan berangkat dari Lapangan Blang Padang dengan menumpang Heli MI milik Kodam Iskandar Muda, dan bertolak menuju lapangan Bola IX Idi Rayeuk, dan melakukan peninjauan ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara , diantaranya, TPS Gampong Jawa, TPS Gampong Gampong Jalan dan TPS Tanoh Ano, Selasa (14/2/2017).

Selanjutnya, Gubernur dan rombongan menuju ke Lapangan Landing, Kabupaten Aceh Utara. Rombongan disambut oleh Kapolres Aceh Utara, Danrem dan Dandim Aceh Utara serta Ketua KIP Aceh Utara dan Panwaslih Aceh Utara.

Gubernur dan rombongan kemudian menuju ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah, yang lokasinya tidak jauh dengan lokasi mendarat Helikopter. Di Kantor BPBD, rombongan mendapatkan informasi awal tentang situasi terkini Kabupaten Aceh Utara jelang hari pencoblosan.

Rombongan kemudian menuju ke TPS nomor 74, Gampong Ranto, Kecamatan Lhok Sukon, di TPS ini tercatat ada 500 lebih pemilih yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap.

Selanjutnya menuju ke TPS nomo 36 dan 37 yang berada berada Gampong Meunasah Dayah Kecamatan Lhok Sukon. Di TPS 36 terdapat 644 pemilih yang terdaftar dalam DPT, dan 652 pemilih di DPT 37.

Selanjutnya Gubernur melaksanakan Shalat Dzuhur berjamaah di Masjid Gampong Alue Mudem, Kecamatan Lhok Sukon. Usai Shalat, rombongan langsung menuju ke TPS nomor 08, Gampong Alue Mudem yang berada di dalam pekarangan Masjid. Di TPS ini terdapat 357 pemilih yang terdapat dalam DPT.

Terakhir, Gubernur menuju ke TPS Gampong Alue Drien, Kecamatan Lhok Sukon. Di TPS ini terdapat 503 pemilih yang terdaftar dalam DPT.

Sebelum bertolak ke kabupaten Pidie, Gubernur menghimbau kepada seluruh masyarakat Aceh agar dapat menyalurkan aspirasinya ke TPS-TPS. Gubernur juga mengajak masyarakat agar menjaga keamanan daerahnya jelang hari pencoblosan.




“Setelah meninjau beberapa lokasi TPS tadi, saya lihat penyelenggara Pemilu sudah sangat siap untuk hari pencoblosan besok. Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat untuk menyalurkan aspirasi sesuai hati nurani dan jangan takut dengan segala bentuk intimidasi karena aparat keamanan tentu akan menghadirkan rasa aman kepada kita semua,” himbau Gubernur.

Selanjutnya, Gubernur dan rombongan akan menuju ke Kabupaten Pidie untuk meninjau kesiapan pemungutan suara di TPS serta kondisi Pidie jelang hari pencoblosan besok.

Sementara itu, Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga suasana kondusif Aceh jelang hari pencoblosan, dan membuktikan kepada Pemerintah Pusat, bahwa Aceh adalah daerah yang kondusif.“Tinggalkan kejadian masa lalu, mari kita buktikan kepada Pemerintah Pusat, bahwa Aceh adalah daerah yang aman damai dan kondusif,” ujar Kapolda.

 Sebagaimana diketahui, Badan Intelijen Negara mendeteksi, bahwa Aceh dan Papua adalah daerah daerah rawan konflik Pilkada. Oleh karena itu, kapolda menghimbau agar masyarakat Aceh mampu menjaga kondusifitas daerah untuk membuktikan bahwa Aceh adalah daerah yang aman.

Kapolda juga menegaskan, bahwa potensi money politik ada jelang Pilkada sangat mungkin terjadi di semua daerah d Aceh. untuk itu, Kapolda mengajak masyarakat Aceh untuk cerdas dalam memilih dan tidak mudah tergoda dengan money politik.(REL)

Komentar Anda
SHARE