FJL Latih Warga Melaporkan Isu Lingkungan

TAKENGON: Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh dengan dukungan USAID Lestari gelar pelatihan citizen journalism bagi warga untuk melaporkan isu-isu lingkungan yang ada disekitarnya.

Penanggung jawab kegiatan Aprizal Rachmad mengatakan, kegiatan ini dilakukan di dua lokasi berbeda, yakni di wilayah Aceh Tengah, dan kabupaten Aceh Barat Daya.

“Kegiatan tersebut guna melatih warga untuk melaporkan isu-isu lingkungan yang ada di wilayahnya” ungkap Aprizal, Minggu (14/8/2019).

Para trainer merupakan jurnalis profesional anggota FJL Aceh, dan didampingi oleh trainer Senior Harry Surjadi.

Selain dilatih menjadi citizen Journalism atau jurnalis warga, para peserta juga mendapatkan materi tentang perbedaan jurnalis profesional dengan jurnalis warga, rambu-rambu yang harus diketahui oleh citizen Journalism, 5 W 1H, piramida terbalik dan juga dasar-dasar fotografi serta videografi.

“Ada dua puluh warga yang kita latih, mereka dari berbagai daerah yang berdampingan langsung dengan kawasan hutan lindung, daerah konflik satwa dan daerah bencana,” kata Aprizal.

Chitra Angraini communication specialist Usaid Lestari Jakarta mengatakan, kerjasama antara warga dan FJL dalam melaporkan isu-isu lingkungan bisa berjalan dengan baik kedepannya.

“Hutan di Indonesia semakin sedikit, kewajiban kita untuk melindunginya, maka sampaikan jika itu menyangkut dengan lingkungan ke FJL,” kata Citra. (REL)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!