Fiesta Panen Kopi Menikmati Pesona Bener Meriah Lewat Atraksi Budaya

Al-Wizay

REDELONG: Penutupan Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) 2019 di Bener Meriah, bakal berlangsung semarak. Berbagai atraksi budaya Gayo akan digelar dan dikemas dalam event Fiesta Panen Kopi.

Ada yang istimewa di Fiesta Panen Kopi, selain bisa merasakan bagaimana suka cita masyarakat Bener Meriah ketika panen kopi tiba, ada juga kesempatan untuk larut kebersamaan di Kenduri Kopi.

Kopi adalah urat nadi di Dataran Tinggi Gayo. Lebih 80 persen masyarakatnya berprofesi mengantungkan perekonomiannya dari kopi. Bener Meriah salah satu kabupaten di Gayo dengan luas perkebunan kopi Arabika Gayo terbesar. Di setiap sendi kehidupan, masyarakat Gayo tak akan bisa dilepaskan dari Kopi.

Kabag Humas Bener Meriah, Wahidi menyebutkan diantara rangkaian Fiesta Panen Kopi yakni, Lomba Panen Kopi, Lomba Photo Fiesta Panen Kopi, Lomba Kreasi Coffee Bean dan Lomba Mudepe (Sortir) Kopi. Serta Lomba Produk Berbasis Kopi, Eksibisi dan Lomba Mobil hias bertemakan Kopi.

Ada juga Atraksi Pengolahan Kopi Tradisonal, Kenduri Panen Kopi, Convas Coffee dan Launching Damaran Baru Eco-Village, Booth Bazaar and Food Court serta minum Kopi Massal.

Tak kalah menarik, Festival Tari Guel se-Aceh bagian rangkaian dari kegiatan fiesta panen kopi yang di dalamnya menyajikan kegiatan yang memberikan edukasi dan nilai kebersamaan.

“Tujuannya untuk melestarikan dan memasyarakat akan tari guel sehingga dikenal sampai ke tingkat nasional maupun mancanegara.”terang Wahidi.

Rangkaian rangkaian acara penutupan GAMIFest 2019 diselenggarakan dari tanggal 22 hingga 24 November 2019 dan dipusatkan di Lapangan Umah Pitu Ruang, Bener Meriah.

Bupati Bener Meriah, Sarkawi sebelumnya mengatakan Fiesta Panen Kopi di moment penutupan GAMIFest 2019 adalah upaya pemerintah daerah menumbuhkembangkan potensi wisata dataran tinggi Gayo terkhusus Kabupaten Bener Meriah.

Fiesta Panen Kopi merupakan bagian mengekspresikan pesona alam dan Budaya Bener Meriah yang dikemas dan suguhkan dengan semenarik mungkin.

Berada di dataran tinggi dan berhawa sejuk, Bener Meriah memang mempesona. Keindahan alamnya memanjakan mata. Ibarat bunga yang sedang mekar, kabupaten ini salah satu tempat yang bisa dikunjungi wisatawan. (Arsadi Laksamana)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!