Festival Seni Pelajar Upaya Pengembangan Kebudayaan Gayo 

0

REDELONG : Salah satu upaya melestarikan dan menggebangkan Seni Kebudayaan Gayo  tingkat pelajar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bener   melalui Bidang Pendidikan seni dan budaya gelar Festival Seni Pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat. Yang di buka sejak 13 oktober sampai 19 oktober 2016. 

Kapala Bidang Pendidikan seni dan budaya Abd. Mutalib, S.pd pada Kabargayo Rabu ( 19/10 ) di Kantor Dinas Pendidikan Setempat mengatakan, festival seni pelajar di ikuti 33 Sekolah. Tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat, dalam festival seni pelajar ini ada 4 ( empat ) kategori kesenian gayo yang di lombakan diantaranya ; Didong, tari, vokal groub, dan pepongoten. Kata Abd. Mutalib 

Festival Seni Pelajar ini adalah merupakan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan pelajar memahami kesenian budaya daerah, sekaligus kedepan para siswa/siswi semakin terasah keahliannya yang memiliki bakat seni. Ujarnya. 

” banyak potensi yang di miliki pelar di Bener Meriah di bidang kesenian, pada kesempatan festival ini mereka dapat menunjukkan kemampuan mereka dan dapat menjadi motivasi kedepannya bagi mereka untuk meningkatkan keahlian mereka ” papar Abd. Mutalib 

Hasil festival Seni Pelajar yang telah di tutup sore tadi Rabu 19 Oktober untuk juara I lomba didong tingkat SD di raih SD Negeri Tunyang dengan meraih nilai 280, juara II SD Negeri Buntul Kemumu dengan nilai 258, juara III SD Negeri Jelobok dengan nilai 249. Sementara tingkat SMP juara I di raih SMP  Negeri Rusip  dengan nilai 255, juara II SMP Negeri Syiah Utama dengan nilai 254, dan juara III diraih SMP Negeri 4 Bukit dengan nilai 250. Untuk tingkat SMA sederajat juara I SMA Negeri I Bandar dengan nilai 266, juara II SMA Negeri 3 Timang Gajah dengan nilai 260,dan juara III SMA Negeri I Bukit dengan nilai 256.

Juara Tari tingkat SD, juara I di raih SD Negeri 2 Puja Mulia dengan nilai 285, juara II SD Negeri 2 Lampahan dengan nilai 278, juara III SD Negeri Mutiara dengan nilai 265, juara tari tingkat SMP juara I SMP Negeri I Bukit dengan nilai 275, Juara II SMP Negeri 3 Wih Pesam dengan nilai 241, juara III SMP Negeri 1 Permata. Dan juara tari tingkat SMA juara I SMA Negeri 3 Timang Gajah dengan nilai 282, juara II SMA Negeri Unggul Binaan dengan nilai 262, juara III SMA Negeri I Permata dengan nilai 258.

Juara Vokal Groub tingkat SD, juara I diraih SD Negeri Wag Pondok Sayur dengan nilai 275, juara II SD Negeri 2 Lampahan dengan nilai 262, juara III SD Negeri Tawar Sedenge dengan nilai 255, tingkat SMP juara I di raih SMP Negeri 1 Bukit dengan nilai 267, juara II SMP Negeri 5 Bandar dengan nilai 265, juara III SMP Negeri 6 Timang Gajah dengan nilai 256, tingkat SMA juara I SMA Negeri 2 Bandar dengan nilai 288, juara II SMA Negeri 3 Timang Gajah dengan nilai 275, dan juara III diraih SMA  Negeri I Bukit dengan Nilai 265.

Sementara juara Sebuku/Pepongoten tingkat SD. Juara I SD Negeri Sukarame dengan nilai 268, juara II SD Negeri Bale Atu dengan nilai 267, juara III SD Negeri Bantul Kemumu dengan nilai 265. Tingkat SMP juara I diraih SMP Negeri Syiah Utama dengan nilai 262, juara II SMP Negeri Wih Resap dengan nilai 246, juara III SMP Negeri 4 Timang Gajah dengan nilai 232. Tingkat SMA juara I diraih SMK Negeri 1 Bener Meriah dengan nilai 267, juara II SMA Negeri 3 Timang Gajah dengan nilai 266, dan juara III SMA Negeri Unggul Binaan dengan nilai 257. 

Ketua panitia pelaksana Maskur, S.pd menyampaikan, alhamdulillah Festival Seni Pelajar Kabupaten Bener Meriah selama berlangsung berjalan dengan baik. Dan kegiatan ini kedepannya insya allah akan di laksanakan setiap tahunnya, agar seni kebudayaan gayo dapat di lestarikan. Ungkap Maskur. 

” berjalan kegiatan ini tidak terlepas dari kerjasa dan koordinasi yang baik, dan adapun sumber dana kegiatan ini dari Dana Alokasi Umum ( DAU ) ” tandas Maskur ( Gona ) 

Komentar Anda
SHARE