Event Bergengsi di Tahun 2022, Dispora Jadwal 22 Negara Terlibat, Hadiah Ratusan Juta Menanti

  • Whatsapp
Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Zulfan Diara Gayo (Photo/Ist)

Kabargayo.com, Takengon: Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh Tengah jadwal event bertaraf Internasional akan di gelar di tahun 2022 mendatang.

Event tersebut akan melibatkan 20 Negara di dunia. Bahkan, panitia menyiapkan reward Rp100 juta untuk pemenang.

Read More

Menurut keterangan Zulfan Diara Gayo, kegiatan itu bertajuk “Gayo adalah Kekuatan, Keindahan dan Kenyamanan”, diwacanakan akan di hadiri dan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo.

“Kita rencanakan akan di buka lansung oleh pak Presiden, untuk tercapai ke tahap itu ada mekanisme yang harus dilalui, yaitu dengan melakukan koordinasi dan usulan ke pihak terkait baik di tingkat provinsi maupun di Kementrian,” kata Zulfan, 08/12/2021 di Takengon.

Koordinasi ekstra terkait target tersebut harus dilakukan dengan pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora). Sekaligus dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf).

Event yang dimaksud Zulfan Diara itu adalah event bersepeda. 20 Negara ikut terlibat memeriahkan kegiatan tersebut.

“Jika target ini tidak tercapai, minimal 10 Negara hadir. Karena hadiah untuk juara satu nya Rp100 juta, kami yakin ini akan sangat tertarik bagi para atlet,” katanya.

Secara rinci, pendaftaran akan di mulai tepat di hari jadi Kota Takengon pada tanggal 17 Februari 2022. “Aksinya kita wacanakan di HUT RI, nanti kalau mau daftar bisa dilihat di Website Dispora Aceh Tengah,” pungkas mantan aktivis itu.

Pembukaan acara dijadwal berlangsung di Ceruk Mendale, Kebayakan Aceh Tengah, situs bersejarah orang Gayo. Menurut Zulfan, peserta akan diperkenalkan tentang awal peradaban bangsa Gayo melalui situs arkeologi yang ada dilokasi itu.

“Nanti akan ada juga atraksi pembukaan Tari Guel, Didong dan Saman, ini juga bahagian dari memperkenalkan Gayo kaya akan budaya nya,” pungkas Zulfan.

“Rute nya nanti mengelilingi Danau Lut Tawar, start dari Mendale finish di Lapangan Musara Alun, mohon do’a nya supaya kegiatan ini bisa sukses terlaksana,” terang Zulfan berharap warga Aceh Tengah mendukung.

Tujuan digelar nya kegiatan tersebut kata dia untuk mengembangkan ekonomi masyarakat, serta potensi wisata Danau Lut Tawar pada tahun 2022 mendatang.

“Sekaligus untuk mengembangkan prestasi atlet dan diharapkan dapat membangkitkan gairah pariwisata dan geliat ekonomi rakyat, sehingga menambah PAD Aceh Tengah,” tutup Zulfan sembari menyebut, kegiatan itu akan dibungkus dengan piala Bupati Aceh Tengah.

Diketahui, untuk menutup tahun 2021, Dispora Aceh Tengah menggelar kegiatan Gayo Enduro, event balap sepeda pada 26 Desember 2021 mendatang. Kegiatan tersebut akan di gelar di Bur Pepara. (KG31)

Related posts