Epic Come Back Masyarakat Dalam Menghadapi Pandemi

  • Whatsapp

Oleh : Rizkan Ramadhan

Istilah epic come back yang secara bahasa berartikan “Kembali dengan bagus” merupakan sebuah istilah yang sangat populer di kalangan gamers, terkhusus para pemain game online Mobile  Legends. Para gamers mengenal istilah tersebut sebagai sebuah titik kebangkitan dalam menghadapi musuh. Apabila istilah tersebut dikaitkan dengan salah satu wabah yang sangat populer saat ini yaitu Covid 19 atau yang lebih dikenal dengan pandemi, maka istilah Epic Come Back ini sangat cocok digunakan dalam suatu istilah dalam menghadapi Corona yang semakin lama wabah ini semakin menghantui masyarakat.

Read More

Kini, banyak berita yang kita dengar baik dari televisi maupun media sosial  bahwa bergejolaknya tingkat kematian yang ada, tak lain dan tak bukan merupakan efek pandemi itu sendiri. Tak ada batasan umur baik yang tua maupun yang muda, baik masyarakat maupun pejabat, dokter, perawat pemerintahan dan lain sebagainya, semua bisa menjadi korban dari wabah virus ini. Dengan demikian istilah epic come back sangat lah cocok untuk sebuah istilah menghadapi Corona.

Dalam dua tahun terakhir, banyak sudah perubahan terjadi baik dari segi ekonomi, politik, dan pendidikan, sehingga memaksa masyarakat untuk beradaptasi dengan perubahan aktivitas hidup. Dengan kecanggihan teknologi, rupanya mendorong semua masyarakat beraktivitas melalui dunia maya. 

Banyak hal yang telah pemerintah ajukan dalam menghadapi pandemi ini. Juga tidak sedikit pula yang menerima respon buruk dari masyarakat. Hal ini seharusnya menjadi tolak ukur pemerintah dalam menilai sebuah pemerintahan dengan lebih maksimal dalam memikirkan serta memutuskan keputusan mengenai pandemi ini, supaya nantinya tidak terkesan buruk di masyarakat. 

Begitu pula bagi masyarakat yang baik dan peduli terhadap sesama, maka sudah semestinya kita tetap harus mendukung dan mengikuti semua arahan pemerintah dalam menghadapi pandemi ini. Walaupun terkadang sulit untuk diterima, pandemi ini banyak sekali merugikan  masyarakat terkhusus pada bidang ekonomi dan pendidikan. 

Dari segi ekonomi misalnya, para pedagang dibatasi waktu jualnya sehingga hasil yang didapatkan tidak seperti  biasanya. Tidak sedikit pula para pekerja yang di PHK akibat pandemi ini. Dari segi pendidikan, seorang pelajar juga merasakan dampak negatif dari hadirnya pandemi ini. Salah satu contohnya seperti yang dikatakan seorang siswi SMA yang biasa dipanggil  Nurul atau dengan nama lengkap Nurul Fitri. 

Nurul menyampaikan, kehadiran pandemi mengakibatkan diri dan teman-temannya banyak kendala.

“Dimasa pandemi ini, banyak sekali kendala yang kami dapatkan dalam proses belajar mengajar salah satunya ialah kurang nya pemahaman kami mengenai teori yang di berikan guru kepada kami,” ujar Nurul.

Dari apa yang dikatakan siswi tersebut jelaslah bahwa pandemi ini memberikan dampak yang luas, terlebih dapat melemahkan para generasi penerus yang tentunya akan menjadi agen perubahan di masa yang akan datang. Hal ini tentunya menjadi pendorong pemerintah untuk tidak lengah dalam mengambil keputusan. Haruslah bagi pemerintah untuk memilih cara yang tepat dalam menghadapi pandemi ini, sehingga tidak terjadi polemik dikalangan masyarakat.

Pemerintah harus mementingkan kemaslahatan umat dan tetap optimal dalam mengtasi pandemi ini, sehingga tidak terkesan menjadi pemerintahan yang buruk dipandangan masyarakat. Karna fakta di lapangan yang kita lihat bahwa, pemerintah terkesan gagal dalam mengatasi pandemi ini, karna masih banyaknya korban dari pandemi ini. Terlepas dari para pemerintah, hal ini tidak sepenuh nya merupakan kesalahan ataupun kegagalan pemerintah, karna disini masyarakat juga dituntut sadar akan bahayanya pandemi ini, yaitu kesadaran akan pentingnya memakai masker, menjaga jarak, dan lain sebagainya.

Oleh karna itu, dalam menghadapi pandemi ini sudah semestinya membutuhkan kesadaran baik pemerintah dalam memutuskan suatu keputusan maupun masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan. Dengan ini  penulis ingin mengajak semua masyarakat untuk tetap semangat dalam menghadapi pandemi ini, dengan cara menaati arahan pemerintah. Bagi pemerintah untuk tidak terkesan menakut-nakuti masyarakat terkhusus masalah pandemi ini,vjadilah pemerintahan yang jujur yang menjadi contoh bagi masyarakat, yang peduli akan rakyat dan bangsa indonesia. Semoga tulisan ini dapat menyadarkan masyarakat dan pemerintah untuk terus berjuang sehingga pandemi ini cepat pergi dan kehidupan kembali normal seperti biasanya.[]

* Penulis merupakan Mahasiswa Sastra Arab Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Related posts