Empat Belas Perusahaan Dapat Zero Accident Award

0

BANDA ACEH – Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan MM, mengajak seluruh pemangku kepentingan, Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kebupaten/kota, Perguruan Tinggi, Pekerja, dan Masyarakat untuk membudayakan pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di setiap tempat kerja dan masyarakat umum di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Dermawan saat membacakan sambutan Menteri Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia, M. Hanif Dhakiri pada acara Apel Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional di halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk, Senin (20/2).

“Kita harus melakukan upaya-upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 agar menjadi budaya di setiap tempat kerja masing-masing,” kata Dermawan.

Dermawan menjelaskan, K3 tidak hanya bertujuan memberikan perlindungan keselamatan kepada tenaga kerja tapi juga untuk mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset dan sumber produksi, sehingga dapat dipergunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Semua ini bisa terlaksana jika seluruh unsur yang berada di perusahaan, baik pihak manajemen, serikat pekerja/serikat buruh dan tenaga kerja/ buruh bersama-sama berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja,” ujar Dermawan.

Meskipun pelaksanaan Program K3 sudah meningkat kata Dermawan, masih terdapat beberapa kasus kecelakaan kerja.  Hal ini terlihat dari kasus kecelakaan kerja yang berakibat pada meninggalnya tenaga kerja.

Data BPJS Ketenagakerjaan kata Dermawan, menggambarkan penurunan kecelakaan kerja dari 110.285 kasus di 16.082 perusahaan dari 296.271 perusahaan yang terdaftar dengan korban meninggal dunia 530 orang pada tahun 2015, menjadi 101.367 kasus di 17.069 perusahaan dari 359.724 perusahaan yang terdaftar dengan korban meninggal dunia sebanyak 2.382 orang sampai dengan bulan November tahun 201

“Kejadian tersebut harus menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk mencegah tidak terulangnya kejadian yang sama melalui berbagai upaya perbaikan dan penyempurnaan sarana dan prasarana ,” kata Dermawan.

Menurut Dermawan, pelaksanan K3 sangat penting untuk menjamin keselamatan para pekerja dan juga perusahaan. Untuk itu, Pemerintah Aceh berharap agar seluruh perusahan-perusahaan di Aceh menerapkan K3 di lingkungan masing – masing.

“Ini tentu tidak bisa dilakukan sendiri, karena itu kita  berharap kepada tenaga kerja dibawah asosiasi tenaga kerja agar secara bersama-sama melaksanakan K3,” ujar Dermawan.

Pemerintah Aceh kata Dermawan juga berkomitmen untuk mensosialisasikan kepada seluruh perusahan sehingga K3 betul –betul menjadi perhatian bersama pada acara apel tersebut, Sekda Dermawan juga menyerahkan Zero Accident Award (Penghargaan Nihil Kecelakaan) kepada 12 perwakilan Perusahaan yang hadir dari 14 perusahaan yang ada dalam daftar penerima penghargaan.(REL)

Komentar Anda
SHARE