Eksekusi Gajah Di Karang Ampar  Tiga Hari Sebelum Lebaran

TAKENGON : Jajaran Mapolres Aceh Tengah akhirnya berhasil menangkap dua dari empat pelaku penembakan terhadap satu ekor Gajah diperkirakan berusia 40 tahun di Desa Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah.

Kapolres Aceh Tengah, AKBP Hariajadi kepada Wartawan saat konfrensi Pers berlangsung di Mapolsek Kebayakan,(25/7). Selain mengamankan dua pelaku berinisial JB,TM pihak polres terus berusaha memburu pelaku utama berinisial, H dan AU warga Kabupaten Aceh Utara.

Menurut Hariajadi, Gajah yang diperkirakan terpisah dari gerombolannya tersebut di tembak mati dengan mengunakan senjata AK 56 dibagian kepala dengan tiga kali tembakan.

“Pengakuan tersangka begitu, mereka mengeksekusi Gajah dengan tiga kali tembakan. Dimana sebelumnya diracuni terlebih dahulu,” terang Hariajadi di dampingi Kasat Reskrim Fadil.

JB dan TM dari pengakuanya telah menerima upah dalam membunuh hewan yang dilindungi tersebut deengan nilai uang sejumlah Rp. 34 juta. “Dua tersangka yang sudah kita tangkap mendapatkan upah senilai Rp. 34 juta yang dibayar kas. Begitu menurut pengakuan mereka,” kata Hariajadi.

Selain mengamankan senjata api AK 56, pihak polres juga mengamankan serpihan Gading gajah dari lokasi, selanjutnya ada dua megazen dengan jumlah peluru 99 butir.

Gajah dieksekusi oleh 4 tersangka tiga hari menjelang hari raya Idul Fitri lalu, selanjutnya, senjata yang diduga milik H disimpan oleh JB di sebuah lokasi yang tidak tauh dari tempat eksekusi.

Sampai hari ini pihak Polres Aceh Tengah bekerja sama dengan beberapa Polres di Aceh telah memasukan inisial H dan AU dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). “Mohon doa, agar dua tersangka lainya bisa kita dapat, biar kasus ini terang menderang,” lanjut Kapolres, sambil mengatakan terus melacak kemana gading gajah dijual dan siapa penadahnya.

Terkait dengan senjata Api, Hariajadi mengatakan pemilik yang masih DPO tersebut adalah warga sipil biasa, dan tidak tertutup kemungkinan senjata tersebut juga hasil dari sisa konflik, terang Hariajadi. (Putra Gayo)

Komentar Anda
SHARE