Drs. Tamin Diperkirakan 0,1 Persen Masyarakat  Bener Meriah Tidak Bisa Membaca 

0
Drs. Tamin Kabid PLS

REDELONG : Setiap tahunnya masyarakat yang tidak bisa membaca ( Buta huruf) di Kabupaten Bener Meriah terus menurun, itu menunjukan program kegiatan belajar masyarakat ( PKBM ) Bener Meriah melalui program keaksaraan melalui Bidang PLS aktif meminilisir masyarakat  yang buta huruf. 
Drs. Tamin Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah ( PLS) pada Kabargayo Selasa ( 22/11 ) diruang kerjanya mengatakan, pada tahun ini yang mendaftar mengikuti paket B dan C sebanyak 80 peserta. Kalau tahun sebelumnya mencapai 100-120 peserta.

Dia menambahkan, diperkirakan untuk tahun ini hanya 0,1 persen masyarakat Bener Meriah yang buta huruf ( tidak bisa membaca ). Dan itu pun kebanyakan masyarakat sudah lanjut usia ( lansia). Kata Tamin.

” Kalau  membaca kemungkinan 0,1 persen masyarakat Bener Meriah yang buta huruf, akan tetapi kebanyakan masyarakat yang tergabung dalam PKBM masih kurang diprogram keaksaraan kreatif “.

Kita berharap masyarakat yang belum bisa membaca agar tergabung PKBM, untuk PKBM sendiri kita sudah ada enam PKBM namun yang aktif cuma empat PKBM. Jelas Tamin.

” Masyarakat yang tergabung pada PKBM disibukan dengan  kegiatan dikebun, dan juga akibat pernikahan dini, sehingga untuk program kreatif kita masih minim. Tetapi kedepan kita terus tingkatkan dengan sosialisasi” tutup Tamin. ( Gona ) 

Komentar Anda
SHARE