Dolar Naik, Kopi Gayo Turun, Harun Manzhola; Ini Ujian

  • Whatsapp
Suasana diskusi terkait anjloknya harga Kopi Gayo diruang Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar (Photo/Kar)

Kabargayo.com, Takengon; Ekonomi masyarakat sangat berdampak atas merebaknya wabah virus Corona dintanah air, salah satu nya termasuk Kopi Arabika Gayo yang telah diakui dunia. Terlebih saat ini diketahui Dolar dalam posisi naik.

“Rendahnya harga kopi saat ini adalah dampak dari Pandemi Covid-19, kita tahu bahwa saat ini dolar naik, seharusnya kopi cendrung naik, namun saat ini kopi turun. Ini adalah ujian diberikan kepada masyarakat Gayo,” Kata Asisten II Setdakab Aceh Tengah Harun Manzhola, Senin (13/04/2020) saat membuka diskusi terkait penanganan dampak Covid-19 terhadap Kopi Gayo di Ruang Bupati setempat.

Read More

Saat ini kata Harun, harga kopi cukup rendah, hal itu disebabkan oleh tidak adanya pergerakan perdagangan kopi Dunia terutama di Amerika.

Untuk itu kata dia, beberapa waktu lalu sejumlah pedagang mengadu ke DPRK Aceh Tengah supaya eksekutif dan legislatif mencari solusi atas problem yang sedang mereka hadapi dilapangan, sehingga ekonomi masyarakat dapat terbantu.

Bahkan sebelumnya, DPRK sempat menawarkan dua opsi untuk menyelamatkan Kopi dan masyarakat Gayo, untuk itu kata dia, selanjutnya akan dibahas dalam diskusi tersebut.

“Solusi yang diusulkan DPRK Aceh Tengah beberapa waktu lalu, perlu dipelajari lebih jauh oleh eksekutif, supaya tidak salah dalam mengambil kebijakan, dan tidak terbentur aturan,” jelas Harun.

“Uang daerah per rupiah pun harus dipertanggungjawabkan, apalagi dalam jumlah besar. Artinya, harus sesuai dengan kemampuan daerah dan peraturan yang berlaku,” tutup Harun membuka diskusi.

Hadir dalam diskusi itu, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar, Wakil Ketua DPR Aceh Hendra Budian (Video Konfrence), DPRK Aceh Tengah Edi Kurniawan dan Sukurdi Iska, Kepala Bank BRI cabang Takengon, para eksportir, pedagang, pengamat kopi, Aliansi Masyarakat Pengamat Kopi Gayo (dan SKPK terkait. (Kar)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts