Ditengah Pandemi, Masyarakat Aceh Tengah Dihimbau Tak Putus Ber-KB

  • Whatsapp
Petugas kesehatan dan Dinas KB memberikan sosialisasi kepada masyarakat (Photo/Kar)

Kabargayo.com, Takengon; Untuk mengantisipasi tingginya angka kelahiran yang tidak diinginkan ditengah Pandemi virus Covid-19, Dinas Keluarga Berencana , Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KB-P2A) Kabupaten Aceh Tengah gencar melakukan sosialisasi ditengah-tengah masyarakat.

Hal itu dilakukan atas  anjuran Pemerintah membatasi kegiatan diluar rumah dan kebijakan dirumah saja sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Read More

Dinas Kelauarga Berencana terus memotivasi masyarakat Aceh Tengah yang aktif ber KB untuk tetap melakukan KB dalam situasi Covid saat ini, hal itu sebagai upaya untuk menghindari munculnya kelahiran yang tidak diinginkan (Unmet need).

“Artinya, menghindari kelahiran yang tidak direncanakan, untuk itu, kami tetap melayani program KB di Puskesmas atau fasilitas kesehatan swasta lainya di Kabupaten Aceh Tengah,” kata Drs.H.Alam Syuhada, MM, kepada Kabargayo.com, Rabu (29/04/2020) diruang kerjanya.

Lebih lanjut kata dia, sesuai hasil rapat dengan kepala Puskesmas yang ada di Aceh Tengah pihaknya sepakat, disetiap fasilitas kesehatan menyediakan alat kontrasepsi dan petugas kesehatan dilapangan siap menghandle masyarakat yang kemungkinan putus ber KB.

“Masyarakat yang aktif ber kb jangan sampai terputus saat pandemi ini merebak, sedangkan masyarakat yang ingin ber KB kami tetap melayani, hal ini lantaran adanya anjuran dirumah saja,” papar Alam Syuhada.

Dalam situasi saat ini, pihak dinas terus berupaya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, beragam solusi terus diupayakan Pemerintah,  termasuk meningkatkan penyaluranalat kontrasepsi ke Puskesmas-Puskesmas bahkan ke Klinik-klinik swasta

“Kita harap masyarakat tetap ikut ber KB, tetap patuhi protokoler kesehatan dan tetap mematuhi anjuran Pemerintah” tutup Alam Syuhada berharap Wabah yang kian meresahkan masyarakat itu segera berlalu. (Kar)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts