Disdukcapil Bener Meriah Bantah Pembuatan KK dan Akte Kelahiran 10 Hari Baru Siap

REDELONG : Terkait keluhan salah seorang nitizen yang mengeluhkan lambannya pembuatan KK dan Akte Kelahiran 10 hari baru siap, dan menuliskannya di Medsos Facebook, Kepala Dinas Kependudukan dan catatan sipil ( Disdukcapil ) Bener Meriah. Ikhwanul Hakim, membantah hal tersebut dan memberikan penjelasan saat ditemui awak Media, Kamis ( 13/6/2019 ).

Menurut Ikhwanul Hakim, bahwa tidak benar pembuatan Kartu Keluarga ( KK ) 10 dan Akte Kelahiran hari baru siap apabila segala persyaratan yang diajukan lengkap.

” Bila betul seperti itu dan ada buktinya maka akan saya tindak tegas petugas yang melakukan seperti itu, “ujar Kadis Disdukcapil itu.

Ikhwanul Hakim berharap, bagi masyarakat kalau sekiranya mendapatkan kesulitan dalam membuat indentitas kependudukan ( KK, KTP, Akte ) silakan konsultasi dengan pihaknya, terlebih untuk saat ini di instansinya sudah ada bidang pelayanan pengaduan dan bisa juga langsung kepada dirinya.

Sementara menurut Kapala bidang ( Kabid ) Catatan sipil ( Capil ) Eriyanto Abdul Yunus, secara aturan yang sebenarnya dalam pembuatan KK itu 2 Minggu atau 14 hari, namun setelah itu Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) mengulurkan aturan baru dalam surat edaran yang intinya satu jam harus selesai tapi dalam keadaan normal.

” Kalau normal satu jam siap, arti normal yang dimaksud segala persyarakat lengkap, teknis tidak ada masalah jaringan bagus “, tuturnya.

Lanjutnya, namun bila dalam keadaan tidak normal ( syarat-syarat ) tidak lengkap itu diberikan ruang selama 2 Minggu atau 14 hari sejak tanggal didaftarkan, papar Eriyanto.

” Sekarang ini kita sudah mengunakan sistem all in one maksudnya kalau data dimasukan satu kita bisa keluarkan enam dan itu semua data kita verifikasi, kalau ada data yang tidak akurat itu kita balikan kembali untuk dilengkapi kemudian setalah dilengkapi dimasukan kembali “jelas Eriyanto.

” Prosesnya sebenarnya tidak ada masalah, karena selama ini pun yang sifatnya urgensi hari itu bisa diselesaikan seperti untuk orang berobat “demikian Eriyanto menambahkan. ( Gona )

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!