Dinsos Aceh Tengah Belanja Sembako ke Bulog

  • Whatsapp
Kepala Dinas Sosial Aulia (Photo/Ist)

Kabargayo.com, Takengon; Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Sosial (Dinsos) akan salurkan sebanyak 8925 paket untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Pihaknya menggandeng Bulog menyediakan ribuan paket tersebut.

Data penerima sembako itu saat ini sedang dalam proses verifikasi oleh pihak terkait, jika telah menemukan kata sepakat selanjutnya akan diproses di Keuangan Daerah dan akan dibelanjakan oleh Bulog untuk kebutuhan ribuan paket itu.

Read More

Kepala Dinas Sosial Aceh Tengah Aulia mengaku, sembako yang akan disalurkan itu hingga saat ini belum ditemukan suatu kesimpulan, yang jelas, pihaknya meminta pihak Bulog membelanjakan bahan pokok kebutuhan masyarakat sehari-hari.

“Gambaran awal yang akan dibelanjakan, beras medium 10 Kg, minyak goreng dan telur, ini yang sudah pasti, apakah selanjutnya ada penambahan kacang ijo atau yang lain itu kita lihat nanti, yang jelas Bulog yang menyediakan paket tersebut,” jelas Aulia kepada Media ini, Sabtu (25/04/2020) di Takengon.

Pihaknya meminta, Bulog membelanjakan kebutuhan pokok itu bukan produk baru, melainkan produk yang sering dikonsumsi oleh masyarakat.

“Seperti minyak misalnya, yang sering dikonsumsi masyarakat adalah merek yang populer bukan produk baru, ini sedang kami koordinasikan,” paparnya.

Sembako yang disalurkan itu jika dijumlahkan dalam bentuk uang berkisar antara Rp.1,785.000.000. Lebih rinci, setiap KK dari 8925 itu menerima belanja berkisar Rp.200.000.

“Ini diterima oleh masyarakat terdampak Covid-19 diluar bantuan yang lain, seperti BNPT, Baitul Mal, dan bantuan rutin yang diterima oleh masyarakat, ini diperuntukkan bagi masyarakat yang terdampak belum menerima bantuan,” terang Aulia.

Saat ini pihaknya sedang ekstra untuk menyelaraskan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sehingga dalam penyaluran bantuan tersebut tepat sasaran dan masyarakat tidak menerima bantuan dua kali.

“Dilapangan kita akan gandeng TNI/Polri untuk mendata masyarakat, ini upaya Pemerintah supaya masyarakat tidak Double menerima bantuan, baik dari APBK, APBN maupun dari bantuan Provinsi dan Baitul Mall,” ujar Kadis Sosia

Pemerintah saat ini sedang gencar menyalurkan bantuan-bantuan sosial untuk masyarakat, ada dalam bentuk tunai dan dalam bentuk sembako baik dari APBN, APBK, APBA dan Baitul Mal. Pun demikian hingga saat ini Dinas Sosial Aceh Tengah belum memastikan kapan ribuan bantuan sembako dengan anggaran Rp.1,785.000.000 itu akan disalurkan untuk masyarakat terdampak Covid-19. (Kar)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts