Dinas Pertanian Aceh Tengah Gelar Lomba Asah Terampil Petani

TAKENGON: Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah, menyelenggarakan kegiatan lomba asah terampil yang diselenggarakan di halaman Kantor Dinas terkait. Peserta lomba asah terampil tersebut di ikuti oleh peserta kelompok tani binaan dari sejumlah 15 BPP (Badan Penyuluh Pertanian) di Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu (20/10). Kegiatan lomba asah terampil itu mengusung tema “Melalui Lomba Asah Terampil, Kita Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Petani.”

Kepala Dinas Pertanian Aceh Tengah, Juanda SP kepada media mengatakan kegiatan tersebut sebagai agenda rutin di Kedinasan, hanya saja pada tahun lalu masih dibawah naungan BPP dan pada tahun ini sudah mulai dikelola langsung oleh Dinas Pertanian.

Lomba asah terampil bertujuan sebagai salah satu ajang pembuktian terhadap penerapan ilmu pertanian yang telah diterapkan kepada petani. Acara ini dinilai penting dalam membangun inovasi teknologi pertanian di Aceh Tengah.

Menurutnya setelah diperlombakan di desa, kemudian tingkat Kecamatan dan selanjutnya sesi perlombaan berakhir di Kabupaten, Untuk kemudian pemenang tingkat Kabupaten akan mengikuti seleksi tingkat Propinsi dan apabila lolos maka akan ikut serta pada Penas 2019 di Sumatera Barat. Diharapkan dari hasil perlombaan ini akan melahirkan inovasi-inovasi di bidang pertanian.

“Kegiatan ini bersumber dana dari APBK, peserta asah terampil adalah kelompok tani yang telah lewat seleksi di Kecamatan. Asah terampil adalah tes kemampuan di bidang pertanian, ilmu pertanian yang telah didapat oleh kelompok tani diuji kembali dalam lomba ini.

Untuk tahun ini di tingkat Propinsi belum diadakan (Asah Terampil -Red), karena akan ada Jambore di Aceh Barat pada Tanggal 4- 6 September 2018, seharusnya pemenang juara 1 tingkat kabupaten mengikuti seleksi di tingkat propinsi untuk mewakili Aceh di Penas. Periode lalu mewakili Aceh mengikuti Penas dari Kabupaten Aceh Tenggara.” demikian katanya.

Ia berharap dengan adanya penyuluh menyampaikan tekhnologi informasi, petani yang menerima itu agar diterapkan dilapangan. “Contoh misalnya rekomendasi pupuk urea, penyusunan RPKK, itu program-program Nasional itu kita terapkan, sesuai prakteknya petani harus tahu,” paparnya berharap.

Juanda juga menerangkan bahwa kegiatan tersebut juga termasuk dalam rangkaian GAMIFest, karena sebelumnya ada perlombaan di tingkat kecamatan bertempat di Kampung Kopi Bius Mulye.

Hadiah para pemenang diberikan oleh Bupati Aceh tengah Shabela Abubakar akan membagikan hadiah kepada para pemenang lomba, disela kegiatan Asah Terampil. Dari Pantauan wartawan pada pelaksanaan acara tersebut dihadiri seluruh BPP dan kelompok tani binaan dinas Pertanian Aceh Tengah, serta unsur muspida kecamatan. (Wien Godank)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!