Delapan Reje di Kecamatan Ketol Dikukuhkan

TAKENGON: Sebanyak 8 Reje atau kepala desa hasil pemilihan serentak  yang dilaksanakan pada 23 Mei 2017 lalu di Kecamatan Ketol dikukuhkan oleh Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin .
Pelantikan dan pengukuhan dilakukan di aula kantor Camat Ketol, Sabtu 29 Juli 2017. Selain dihadiri unsur muspika, tokoh masyarakat dan tokoh adat Kecamatan Ketol turut serta disaksikan ratusan masyarakat dari sejumlah kampung di wilayah itu.

Kedelapan reje yang dilantik, Sadikin menjabat reje kampung Selon, Suprapto Reje Pondok Balek, Muhammad reje Kala Ketol, Kasman reje Cang Duri, Muhammad AR reje Serempah, Zainuddin reje Kute Gelime, Armaja reje Rejewali dan Arman Agus Fikar reje Bergang.

Disebutkan Camat Ketol Maimun ST, proses pemilihan reje mulai dari awal hingga pelaksanaan pemungutan suara berjalan dengan baik dan aman.

“Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan demokratis, kami terus melakukan koordinasi dengan muspida kecamatan hingga menjelang hari pelantikan” ujarnya.

Melalui perayaan tersebut, Nasaruddin menjelaskan bahwa proses pemilihan Reje biasa terjadi saat masa Reje berakhir.

“Pemilihan Reje adalah proses demokrasi yang normal yang harus dilaksanakan dalam mendukung pelaksanaan demokrasi di negara ini,” katanya dihadapan ratusan masyarakat yang hadir.

Di Aceh ujar Nasaruddin masa jabatan Reje dijabat selama 6 tahun dan boleh menjabat selama dua periode jika dipilih kembali oleh rakyat melalui pemilihan Reje secara demokratis.

“Berbeda dengan daerah lain di Indonesia, kita di Aceh punya Undang-Undang sendiri yaitu di atur melalui Undang-Undang Pemerintahan Aceh (UUPA) dan Qanun Aceh,” jelas Nasaruddin.

Nasaruddin juga mengingatkan Reje yang ditunjuk untuk menjalankan tugasnya dengan baik, percaya dan ikhlas untuk bekerja.

“Hari ini saudara sudah dipilih dan dipercaya oleh rakyak untuk memimpin pemerintahan kampung selama satu priode kedepan, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan didikasi yang tinggi agar dapat membangun kampung dan membawa rakyat lebih sejahtera,” tegasnya.

Kehadiran Nasaruddin di Kecamatan Ketol turut didampingi Ketua PKK Aceh Tengah Ny Apini Nasaruddin dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs Mursyid MSi dan sejumlah pejabat daerah lainnya. (REL)

Komentar Anda
SHARE