Debat Bahasa Arab Tingkat Dayah Se-Bener Meriah, Bupati Sarkawi Itu Ajang Silaturahmi

  • Whatsapp

REDELONG : Sebagai ajang untuk menjalin ikatan silaturahmi antara santri dayah se-Kabupaten Bener Meriah, Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bener Meriah gelar perlombaan debat bahasa Arab dan bahasa Indonesia.

Debat bahasa Arab dan bahasa Indonesia untuk tingkat Madin Ulya dan Madin Woshto, rancananya akan dilaksanakan di halaman kantor dinas pendidikan dayah ini selama 6 hari kedepan yang dimulai sejak 22 Juli sampai dengan 27 Juli 2019 mendatang. Kata Pelaksana tugas ( Plt) Kepala Dinas Pendidikan Dayah Bener Meriah Drs. Hamdani dalam laporan yang disampikannya. Senin (22/7/2019).

Perlombaan ini adalah merupakan kegiatan peningkatan Qiratul Qutub, dimana ada beberapa perlombaan selain debat bahasa Arab dan Bahasa Indonesia juga akan dilombakan. Diantaranya lomba pidato bahasa Arab cerdas cermat untuk tingkat Madin Ulya dan Madin Woshto.

Hamdani menyebutkan, sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan visi dan misi Bupati menjadikan Bener Meriah yang islami, harmoni, maju dan sejahtera.

Tujuan dilaksanakan perlombaan ini, lanjut Hamdani, adalah untuk meningkatkan kemampuan para santriwan/wati untuk membaca kitab kuning ( kitab bahasa arab asli) yang banyak mengandung dasar-dasar ilmu agama, meningkatkan minat belajar dan meningkatkan wawasan ilmu agama serta yang paling inti adalah sebagai ajang menjalin silaturahmi antar pondok pasantren dan dayah dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional.

” Kegiatan ini menjadi wadah mencetak kader ulama dan tokoh masyaramat yang dimas depan ” tutup Hamdani.

Sementara dalam sambutanya, Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menyampaikan, kita sangat mengapresiasi kegiatan ini diharapkan menjadi ajang silaturrahmi bagi santri-santri dayah.

” Berkumpul antara santri dayah satu dengan dayah yang lain itu sangat jarang dilakukan, dan alhamdulillah dengan adanya perlombaan ini kita dapat berkumpul dan silaturrahmi kendati dalam ajang perlombaan “, kata Sarkawi.

Menurutnya, acara ini cukup menarik karena yang diselenggarakan adalah debat bahas arab, ” debat bahas indonesia saja menarik apalagi bebat bahas arab “sebut Sarkawi.

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah yang hadir akan mengerti apa yang menjadi perdebatan itu? Tanya orang nomor satu di Bener Meriah seraya dengan melemparkan senyum dan tawa kecilnya.

Katanya lagi, perlombaan ini intinya bukan hanya sekedar mencari siapa yang terbaik dari yang baik namun yang paling utama adalah ini mejadi wadah menjalin silaturrahmi yang baik.

Dalam kesempatan itu, Abuya Sarkawi juga menekankan pada seluruh pimpinan dayah kedepanya harus meningkatkan kualitas pendidikan di dayah yang ada di Bener Meriah.

” Tugas dayah kedepannya meningkatkan kualitas pendidikan di dayah masing-masing , karena tahun ini pemerintah telah memberikan bantuan hampir untuk seluruh dayah “terangnya.

Karena, tidak dapat dipungkiri begitu banyak dayah yang telah ada di daerah di Bener Meriah namun juga masih banyak anak-anak Bener Meriah yang mondok ( pesantren) diluar daerah.

“Padahal, secara kualitas dayah yang ada di daerah kita sama dengan dayah lainnya, namun memang untuk saat ini fasilitas dayah kita yang kita miliki di Bener Meriah belum semaksimal dayah diluar sana”Pungkas Sarkawi. ( Gona )

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.
  • Whatsapp

Related posts