Dana Desa Harus Akomodir Gerakan PKK

0

Besarnya dana yang mengalir ke Desa atau Kampung sejak tahun 2015 memberikan peluang yang besar bagi pemberdayaan masyarakat, tidak terkecuali gerakan PKK.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua TP. PKK Aceh Tengah, Ny. Apini Nasaruddin didampingi Sekretaris PKK Irlina Aida dan Wakil Sekretaris PKK, Lahat, dalam temu pers yang berlangsung Sabtu (16/1/16).

Apini mengatakan agar seluruh aparat kampung mengetahui perlunya gerakan PKK mendapat porsi anggaran dalam dana Kampung, pihaknya telah melakukan sosialisasi yang berlangsung Kamis 14 Januari 2016 lalu.

Menurutnya pemanfaatan anggaran kampung untuk mendukung pemberdayaan masyarakat melalui gerakan PKK sudah semestinya masuk dalam perencanaan pendapatan dan belanja kampung.

Apini mencontohkan diantara 10 program pokok PKK seperti pengamalan pancasila, gotong royong, sandang pangan, pendidikan, kesehatan, koperasi hingga pelestarian lingkungan hidup. Semua program pokok PKK tersebut menurutnya merupakan kegiatan yang harus ada dan dilakukan di tingkat kampung.

“Perlu dipahami bahwa gerakan PKK juga merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat sehingga harus mendapat alokasi anggaran sesuai dengan kemampuan masing-masing kampung,” kata Apini.

Pada kesempatan sosialisasi lalu, mewakili Bupati Aceh Tengah, Asisten Pemerintahan Dan Kesra, Mursyid mengatakan pemerintah daerah sudah mengeluarkan surat edaran agar kegiatan PKK masuk dalam anggaran kampung.

Bahkan, menurut Mursyid edaran yang ditandatangani langsung oleh Bupati tersebut menegaskan perlunya revisi APBKampung untuk tahun 2016 yang belum mengakomodir anggaran PKK.(REL)

Komentar Anda
SHARE