Cara Amankan NIK dan KK Agar Tak Digunakan Orang Lain Registrasi SIM Card

JAKARTA: Khawatir NIK dan KK anda disalahgunakan untuk pendaftaran registrasi SIM Card telpon seluler oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab? Sebaiknya anda segera cek ke operator telpon seluler anda.

Caranya mengeceknya adalah sebagai berikut: Untuk Telkomsel bisa anda cek melalui https://telkomsel.com/cek-prepaid atau ketik *444# melalui ponsel anda.

Sedangkan bagi pengguna Indosat dengan cara ketik INFO#NIK dan kirimkan ke 4444 atau anda juga bisa mengunjungi https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index.

Untuk operator XL Axiata dengan mengetik *123*4444# . Jika anda pengguna operator Tri Indonesia, kunjungi https://registrasi.tri.co.id/ceknomor. Begitu juga jika anda pengguna operator Smarfren, segera kunjungi https://my.smartfren.com/check_nik.php.

Jika setelah melakukan berbagai langkah di atas menemukan ada nomor aneh yang terdaftar menggunakan KK dan NIK anda, segera hubungi operator untuk dilakukan pemblokiran. Langkah ini sesuai Peraturan Menkominfo No. 12 Tahun 2016 pasal 11 ayat 3.

Demi keamanan dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, sebaiknya anda segera mengecek ke operator, berapa banyak nomor prabayar yang menggunakan data NIK dan KK anda. Kalau memang cuma nomor anda sendiri yang terdaftar artinya aman.

Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Noor Iza, pihaknya mendapat laporan masyarakat terkait pendaftaran sejumlah nomor dengan satu NIK, setelah dilakukan pendalaman dan ditemukan penyalahgunaan penggunaan NIK dan KK” Ada penyalahgunaan NIK dan KK yang digunakan registrasi secara tanpa hak dan bukan terjadi kebocoran data,” jelas Noor Iza.

Penyalahgunaan identitas kependudukan dalam registrasi merupakan pelanggaran hukum. Kemenkominfo mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan menjaga identitas individu serta tidak memberitahukan kepada orang lain agar tidak disalahgunakan.(NET/ROL)

.