Camat dan Reje Kampung Diingatkan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Whatsapp

KABARGAYO.COM, Redelong: Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menghimbau para camat, para Reje Kampung dan segenap elemen masyarakat untuk melakukan antisipasi dan pencegahan akan terjadinya bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah masing-masing.

Hal tersebut ia sampaikan menyikapi serta mengantisipasi tentang bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan khususnya dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah. Sebagaimana diketahui saat ini sudah memasuki musim kemarau dan sangat rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Read More

“Ini harus sampai ke masyarakat paling bawah. Untuk mengantisipasi Karhutla itu, mulai sekarang langkah konkrit harus dilakukan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melalui Camat, Reje Kampung dan elemen masyarakat lainnya dalam menangkal hal itu” ungkap Sarkawi.

Ia menghimbau seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. masyarakat juga didorong untuk berpartisipasi aktif untuk melaporkan kepada aparatur kampung, BPBD dan aparat TNI dan Polri terdekat apabila menemukan kejadian Karhutla, karena dengan cara itu lebih cepat dilakukan antisipasi.

“Kepada seluruh Camat dan Reje Kampung untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayahnya masing-masing, salah satunya adalah teruslah melakukan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya membakar,” pinta Sarkawi.

Bupati juga memperingatkan, para pelaku Karhutla yang terbukti, dapat dikenakan sanksi hukum baik berupa denda maupun hukuman penjara.

. “Sekali lagi kita menghimbau masyarakat ataupun korporasi untuk menghentikan kebiasaan membakar lahan dan hutan, kalau itu dilakukan akan ada sanksi hukum yang menunggu, dan kita tidak menginginkan hal itu terjadi pada masyarakat kita, Bupati mengingatkan. (REL).

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts