Bursa Inovasi Desa Digelar di Bener Meriah

REDELONG : Bursa inovasi Desa Kabupaten Bener Meriah hari ini resmi dibuka oleh Bupati Bener Meriah Ahmadi, SE yang berlangsung di Gedung olah raga dan seni (GORS) Pemda Bener Meriah, Jum’at (29/12).

Kepala Badan Pemberdayaan Desa Kabupaten Bener Meriah drh. Sofyan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan yang bermotto “Kita Tingkatkan Kemandirian Kampung Menuju Bener Meriah hebat” tersebut di ikuti oleh para Reje Kampung, Petue dan pendamping desa se-Kabupaten Bener Meriah yang di perkirakan berjumlah 600 orang peserta.

“Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Aceh dengan Badan pemberdayaan Masyarakat Bener Meriah. Kegiatan ini merupakan upaya guna mendorong aparatur kampung untuk menciptakan inovasi-inovasi dari penggunaan dana desa yang membawa kesejahteraan masyarakat Kampung” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Ahmadi menegaskan beberapa hal antara lain: Pertama, bursa merupakan sarana atau tempat atau media, sehingga perlu dipahami bahwa tempat ini merupakan media bagi aparatur kampung untuk melihat, mempelajari dan memahami inovasi-inovasi yang layak diterapkan di Kampung masing-masing.

Kedua katanya Reje Kampung dan aparatur kampung lainnya sebagai pelaksana Dana Desa harus berpikir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, karena tujuan dari dana desa tersebut salah satunya untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia, khusus Kabupaten Bener Meriah angka kemiskinan cukup tinggi, sehingga perlu adanya kesamaan visi dan misi antara Pemda dan Pemerintah Kampung dalam upaya menurunkan presentasi kemiskinan tersebut.

Dan yang terakhir kata Ahmadi, Reje Kampung sebagai ujung tombak pemerintahan dapat menggunakan dana desa secara efektif dan efisien serta menghindari penyelewengan, karena Pemerintah daerah akan menindak tegas penyalahgunaan kewenangan yang di lakukan oleh instansi apapun.

“Hal ini dilakukan guna menyelamatkan uang negara yang seyogyanya digunakan untuk kepentingan rakyat.” Tutup Bupati Bener Meriah Ahmadi.

Setelah membuka kegiatan secara resmi Bupati Ahmadi di dampingi Sekda Bener Meriah Drs. Ismarissiska, MM melakukan kunjungan Ke tempat Pameran inovasi yang akan ditampilkan kepada para peserta melalui penjelasan-penjelasan oleh narasumber Profesional.(REL)

Komentar Anda
SHARE