Bupati Shabela Terima Tiga Sertifikat Resi Gudang Tambahan

  • Whatsapp
Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar berphoto bersama dengan Bappebti pusat dan pengelola Resi Gudang sembari menunjukan tiga sertifikat resi gudang yang diterima Aceh Tengah (Photo/Kabargayo)

KABARGAYO.COM, Takengon; Aceh Tengah kembali memiliki tiga Resi Gudang untuk menampung kopi masyarakat kedepanya. Sebelumnya sudah memiliki dua resi gudang yang dikelola oleh koperasi Ketiara.

Bertempat diruangan Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menerima anggota Bappebti pusat telah menyetujui tiga Resi Gudang lainya, mulai beroperasi dalam pekan ini.

Read More

Karena dampak pandemi corona, pemerintah Aceh Tengah kembali mengusulkan ijin untuk resi gudang dan disetujui oleh pusat. Waktu ini terbilang sangat singkat, karena selama covid-19 harga kopi turun juga tidak bisa dibawa keluar Aceh Tengah.

“Pengurusan terkait dengan resi gudang sangat singkat, hanya membutuhkan beberapa bulan setelah melalui beberapa tahapan baik proses verifikasi, pelatihan serta fit and proper test. Dan akhirnya disetujui oleh Bappebti jakarta,” ujar Shabela Abubakar, Rabu (15/07/2020) diruang kerjanya.

Shabela mengucapkan rasa syukur atas beroperasinya tiga resi gudang yang nantinya bisa menampung kopi masyarakat. “Selama pendemi ini masyarakat dan eksportir kesulitan untuk menyimpan kopi. Namun hari ini sudah terjawab semua bahwa kopi masyarakat bisa dijual dan ditampung koperasi yang mengelola resi gudang,” kata Shabela.

Lain itu pihak pengelola Resi Gudang dari PT Meukat Komoditi Kopi Iwan mengatakan, pihaknya akan bekerja dan mengelola resi gudang sesuai dengan peruntukan. Dan akan membeli kopi dari masyarakat sesai dengan standar harga yang berlaku kedepan.

“Situasi covid belum jelas kapan akan mereda. Persiapan dengan tiga resi gudang tentu akan membantu sekali para petani kopi di Aceh Tengah,” jelas Iwan Tosa. Iwan juga menyebutkan tiga pengelola resi Gudang, antara lain; PT. Meukat Komoditi Kopi (Iwan Tosa), Koperasi Gayo Berseri (Himan) serta Arinagata (Arasiberani).

Selanjutnya untuk daya tampung dengan lima resi gudang yang ada di Aceh Tengah, kemungkinan sebanyak 6 ribu ton kopi. “Kira-kira daya tampung kopi sebanyak 6 ribu ton kopi, itu sudah padat sekali gudangnya,” sebut Iwan menafsir muatan. (KG45)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts