Bupati Shabela : Mukim Bukan Hanya Sebagai Simbol

  • Whatsapp

Bupati Aceh Tengah Drs. Sabela Abubakar pada melantik Malem sebagai Mukim Kecamatan Kebayakan. Pelantikan ini berlansung di kantor camat kebayakan yang di hadiri oleh Kepala DPMK Aceh Tengah, Kepala Bapeda Aceh Tengah, Asisten Bupati, Camat Kebayakan beserta unsur Muspika serta beberapa reje dan tikoh masyarakat dalam kecamatan kebayakan, Kamis,12 Desember 2019.

Dalam kesempatan pembuka Camat Kebayakan Nashrin, S.sos melaporkan bahwa pemilihan Mukim kecamatan kebayakan telah dilaksanakan pada tanggal 5 November 2019 lalu dengan melibatkan 5 orang pemerintahan kampung dari setiap kampung yakni Reje, Petuwe, RGM, Imam, dan Tokoh Perempuan.

Read More

Dari 20 kampung yang ada di Kecamatan Kebayakan jumlah calon mukim ada 5 orang calon dan dengan hasil pemilihan Malim memperoleh suara terbanyak dengan jumlah suara 39 suara.

Bupati Aceh Tengah Drs, Sabela Abubakar dihadapan para hadirin menyampaikan pesan pesannya kepada Mukim terpilih dan juga Reje Kampung yang hadir.

Bahwa dengan adanya Mukim ini maka diharapkan tugas dan fungsi mukim itu benar benar dipahami, mana kewenangan Mukim dan mana kewenagan Reje.

Harapannya bila ada persoalan atau masalah di kecamatan ini yang sekiranya daoat diselesaikan oleh Mukim Reje dan juga Camat maka tolong diselesaikan di kecamatan. Jangan hanya persoalan yang semestinya dapat diselesaikan di tingkat kecamatan lalu langsung menyodorkannya ke meja bupati.

Tugas utama mukim adalah menyelesaikan masalah Adat Istiadat dan Masalah yang berkaitan dengan Agama, selain menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kemukiman dan juga masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan.

Bupati berpesan kepada mukim kebayakan bahwa jabatan mukim itu bukan hanya simbol semata.Bila ada persoalan di tingkat mukim maka di daerah ada Majelis Mukim.

Mukim juga diajak lebih serius untuk bicara dan menjalankan kebijakan- kebijakan terkait dengan pelestarian lingkungan. Terakhir, bupati berpesan agar memahami mana kewenangan Reje dan mana kewenangan Mukim. **

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts