Bupati Shabela: Geser Anggaran tak Mendesak untuk Dukung Antisipasi Virus Corona

  • Whatsapp

Kabargayo.com, Takengon: Mengantisipasi penyebaran virus Corona, Bupati Aceh Tengah menginstruksikan jajarannya agar bisa menggeser anggaran tidak mendesak di instansi masing-masing guna mendukung penanganan virus corona atau covid-19.

Instruksi ini ia sampaikan dalam rapat Koordinasi terkait kewaspadaan dan kesiapsiagaan antisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Aceh Tengah bertempat di Ruang Kerja Bupati Aceh Tengah, Selasa (17/03/2020). 

Read More

Bila perlu dapat dilakukan pergeseran anggaran dan kegiatan yang dinilai belum mendesak untuk dialokasikan pada kegiatan-kegiatan yang mendukung kesiagaan antisipasi penyebaran covid-19,” kata Shabela.

“Kita punya payung hukum melalui Peraturan Menteri Keuangan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri,” sebutnya.

Shabela menegaskan agar setiap Kepala SKPK di daerah itu untuk proaktif dalam melakukan tindakan tepat yang dapat mengantisipasi penyebaran covid-19 sesuai dengan tupoksi masing-masing. Kepada seluruh sektor kerja di daerah ia harapkan itu dapat secara maksimal memberikan edukasi kepada masyarakat guna menghindari terjadinya kepanikan.

“Kami minta semua pihak yang hadir disini untuk pro aktif dalam mengantisipasi penyebaran covid-19 di tengah-tengah kita. Kerja saudara sangat diharapkan oleh masyarakat,” pinta Shabela.

Shabela juga telah memerintahkan pembentukan gugus tugas dalam pencegahan penyebaran virus Corona di kabupaten penghasil kopi ini.

Setelah menggelar Rapat Koordinasi Internal dengan Pejabat Struktural dan Kepala OPD pada pagi sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah kembali menggelar Rapat Koordinasi antisipasi penyebaran Covid-19 dengan unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Tengah selaku Tim Kewaspadaan Dini Daerah, di Pendopo Bupati, Selasa sore (17/03/2020).

Dalam rapat ini Bupati Aceh Tengah dalam arahannya menegaskan kembali bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sangat serius untuk mencegah merebaknya virus Corona di Kabupaten Aceh Tengah, dan berharap semangat ini dapat diikuti oleh unsur Forkopimda dan instansi vertikal lainnya.

“Langkah-langkah antisipasi sebenarnya telah jauh-jauh hari kita lakukan, baik dalam bentuk edukasi maupun kesiapsiagaan. Namun, dalam hirarki pemerintahan, kita perlu menjalankan instruksi secara berjenjang”, kata Shabela.

“Tadi kami juga baru melaksanakan Rapat Koordinasi Internal, dan akan membentuk Tim Gugus Tugas, mudah-mudahan upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Aceh Tengah dapat kita minimalisir”, tambahnya.

“Kami berharap Tim Kewaspadaan Dini di Daerah ini dapat menjadi tambahan amunisi dalam meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan penyebaran Covid-19 di daerah kita. Dan kami minta Tim selalu memberikan laporan perkembangan setiap hari, untuk kita tindaklanjuti di Media Center yang telah kita persiapkan”, Pungkas Shabela. (ARS)

Related posts