Bupati Ahmadi Ingatkan Peserta Tes Calon Guru Kontrak Jangan Terkecoh Dengan Calo

REDELONG : Bupati Kabupaten Bener Meriah Ahmadi, meninjau langsung proses pendaftaran tes calon guru kontrak yang telah dibuka sejak tanggal 13 s/d 15 Januari 2018 . Senin (15/1/2018) di halaman Dinas Pendidikan setempat.

Dalam kesempatan tersebut Ahmadi mengatakan, mereka guru honor maupun bakti itu mengajukan permohonan untuk sekolah masing-masing, namun juga boleh mendaftar disekolah lain, apabila spesifikasi ijasah telah lebih di tempat mereka mengajar sebelumnya. Kata Ahmadi.

Ahmadi menambahkan, terkait pendaftaran tes calon guru kontrak, itu tidak dipungut biaya sepeser pun pada peserta. Bahkan untuk materai sendiri disediakan Kepala sekolah masing-masing. Untuk itu dalam pendaftaran tersebut Kepala Dinas Pendidikan telah mengintruksikan Kepala sekolah agar mendampingi guru honorer yang mendaftar. Papar Ahmadi.

Ahmadi menegaskan , bagi calon guru kontrak yang mendaftar, jangan terkecoh dengan janji-janji yang mengaku bisa mengurus untuk meluluskan mereka oleh calo. Dan apabila kedapat ada calo yang mengaku bisa mengurus untuk meluluskan peserta maka akan berhadapan dengan Pemerintah daerah, kalau dia oknum pejabat akan saya pecat dan juga akan saya jebloskan ke penjara. Tegas Bupati Bener Meriah itu.

Dalam kesempatan tersebut Ahmadi menuturkan, untuk Dinas kesehatan juga dalam waktu dekat ini akan dibuka pendaftaran tesnya. Karena pada saat ini Dinas kesehatan sedang mempersiapkan mekanismenya. Ujar Ahmadi.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Bener Meriah Drs. Rayendra menyebutkan, untuk formasi yang dibutuhkan tingkat TK sebanyak 173 formasi, SD sebanyak 473, dan SMP sebanyak 252 formasi dan jumlah total formasi yang dibuka sebanyak 898 formasi. Sebutnya.

Menurutnya, testing rekrutmen tenaga guru kontrak ini akan ada tiga kategori tesnya yaitu, tes tulis wawancara, dan tes microtecing ( tes kemampuan cara mengejar). Tuturnya.

” Tes ini sangat kompetitif, karena persaingannya begitu ketat. Dan persaingan yang sesungguhnya adalah dengan internal mereka “. Jelas Rayendra.

Rayendra juga menerangkan, bagi guru honor maupun bakti kredit poinnya juga dihitung dari lamanya SK yang telah mereka kantongi, seumpama sebagian peserta telah mengantongi SK Honor 1 tahun maka poinnya dihitung 1, kalau SK sudah 9 tahun bar arti poinnya sudah 9. Kata Rayendra.

Dia juga menyebutkan, untuk kemampuan guru tingkat SMP yang masih kurang selama ini adalah guru Keterampilan, Seni Budaya, dan Bimbingan Konseling ( BK). Kita berharap dengan melalui tes ini akan muncul guru yang memiliki kemampuan tersebit.  Seraya menyebutkan untuk guru IPA sengaja tidak kita buka formasinya karena jumlah guru IPA yang ada telah lebih. Terangnya.

Kita berharap dengan testing ini, guru di Bener Meriah semakin bermutu dan berkualitas yang sesuai dengan Visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Bener Meriah yaitu “*meningkatkan kualitas pendidikan yang berdaya saing ” tandas Rayendra.

Sementara untuk jadwal selanjutnya, pada tanggal 17 Januari pengumuman ketulusan admistrasi pesererta dan tanggal 18 Januari pengumuman nomor sekaligus lokasi tempat mereka mengikuti tes. Sementara tes akan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2018. Kata Rayendra. (Gona)

SHARE