Berkah Ramadhan, Petani Tebu Ketol Dapatkan Untung Jutaan Rupiah

0

Sarikei Hari Raya 2007u sugar caneTAKENGON- Petani tebu di Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah seolah mendapat berkah dibulan suci ramadhan 1437 H.

Hal itu dikarenakan banyak masyarakat dari Kabupaten dan Kota di Aceh mencari batang tebu untuk diselanjutnya dijual menjadi air tebu sebagai salah satu minuman berbuka puasa.

Seorang warga desa Blang Mancung Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah Bambang mengatakan sejak sebelum Ramadhan sudah banyak masyarakat dari luar Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah membeli batang tebu di desanya.

Petani tebu menjual batang tebu kepada pembeli dengan harga rata rata mencapai Rp 3000/batang tebu. Harga tersebut jelas Bambang sudah termasuk ongkos tebang dan pembersihan daun tebu, sehingga pembeli siap angkut dan dipasarkan ke Kabupaten Kota masing masing.

“Perbatang sampai 3 meter itu kita jual tiga ribu, pembelinya banyak dari Aceh Tengah Bener Meriah, ada yang dari Sigli, Bireun sama Lhokseumawe,” tutur Bambang, selasa (14/06/2016)

Dari hasil penjualan tebu secara batangan itu, jelas Bambang, petani dapat meraup untung hingga mencapai Rp 3 juta dalam seminggu, tergantung persediaan petani tebu itu sendiri.

“ Karena kan beda tebu untuk gula sama tebu yang diambil airnya, jadi ada juga masyarakat yang nanam tebu air dan banyak juga tebu yang biasa untuk gula merah” terangnya lagi

Diakui Bambang, keuntungan tersebut hanya berlangsung pada saat bulan ramadhan saja, sedangkan untuk hari biasa tidak banyak pembeli dari luar daerah yang membeli tebu secara batangan itu.

Sementara itu air tebu sendiri dijual di Takengon Aceh Tengah mencapai Rp 5 ribu/gelas. Tidak sedikit penjual air tebu menjajakan dagangan disejumlah sudut kota Takegon.(REL)

Komentar Anda
SHARE