Bener Meriah Terima Anugerah Dana Rakca 54 Milyar

0

JAKARTA : Pemerintah Kabupaten Bener Meriah memperoleh anugerah “Dana Rakca” 2016, penghargaan diberikan karena dianggap sebagai daerah yang berkinerja baik, dalam aspek pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan layanan dasar publik dan perekonomian daerah.

Dengan penghargaan tersebut Pemkab Bener Meriah kini memperoleh kucuran dana dari Kementerian Keuangan RI melalui program Dana Insentif Daerah (DID) yang akan diterima di tahun anggaran 2017, sebesar Rp 54 miliar.

Pemberian menghargaan langsung diberikan Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Boediarso Teguh Widodo dalam acara anugerah “Dana Rakca” 2016 di Jakarta selaku perwakilan Presiden RI Jokowi Dodo beberapa waktu yang  lalu bersama puluhan kepala daerah penerima DID lainnya di Indonesia.

Pelaksana Tugas Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. Hasanuddin Darjo, MM mengharapkan agar Kabupaten Bener Meriah dapat mempertahankan Anugerah Dana Rakca di tahun depan.

Hal tersebut disampaikannya seusai menerima Anugerah Dana Rakca Tahun 2016, di Gedung Dhanapala, jalan DR. Wahidin Raya No.1 Komplek Kementerian  Keuangan RI, Jakarta, pada hari Rabu Tanggal 7 Desember 2016.

Plt Kabupaten Bener Meriah itu menambahkan, penghargaan Anugerah Dana Rakca Tahun 2016 yang diterima oleh Kabupaten penghasil biji kopi terbaik dunia tersebut tidak terlepas dari kerjasama antara pihak eksekutif dan legeslatif serta pemangku kepentingan di kabupaten tersebut.

Lebih lanjut Darjo mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh pejabat yang terlibat langsung dalam menata birokrasi serta laporan keuangan yang baik. Sehingga Bener Meriah dapat meraih penghargaan ini.

“Bangga sekali rasanya dari sekian banyak Kabupaten Kota di Indonesia, Bener Meriah sebagai salah satu penerima Anugerah Dana Rakca. Sebuah prestasi yang luar biasa, dan membanggakan. Dengan demikian Kabupaten Bener Meriah berhak mendapatkan dana Intensif sebesar 54 Milyar lebih. Yang diserahkan secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo, melalui Menko Perekonomian. Momen yang sangat berarti menjelang Hari Ulang Tahun Kabupaten Bener Meriah yang Ke – 13. Yang jatuh pada tanggal 7 Januari 2017,”ujara Plt Bupati Bener Meriah tersebut.

Dia menambahkan, Isyaallah, penghargaan ini akan dapat dipertahankan, dan insyaallah, Kabupaten Bener Meriah dapat meraih penghargaan yang serupa di tahun depan.

Darjo juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh jajaran SKPK yang telah menunjukan kinerja yang baik, “terimakasih saya ucapkan setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran SKPK Kabupaten Bener Meriah yang selama ini telah menunjukan kerja keras, kerja sama, dan kerja yang luar biasa. Ini bukti kerja yang baik  untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat Bener Meriah,”ucapnya.   

Sebelumnya, di Istana Negara Presiden Jokowi Dodo meminta semua pihak agar lebih fokus menjadikan APBN sebagai instrumen untuk mendukung upaya pengentasan kemiskinan, pengurangan ketimpangan, serta menekan pengangguran, dan dengan bekerja lebih fokus.

Presiden menyampaikan anggaran transfer ke daerah dan dana desa 2017 mencapai Rp 764,3 triliun. Menurut orang nomor satu Indonesia itu, dana alokasi umum dan dana desa pada tahun APBN 2017 mengalami peningkatan. Sedangkan Dana Alokasi Khusus (DAK) terus direformulasi dan dilakukan penguatan agar lebih efektif dan efisien dalam pelaksanaannya.

“Hal ini menunjukkan arti penting daerah dalam menyesuaikan persoalan-persoalan kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan, serta kesenjangan. Hal ini juga memperlihatkan bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah bahu membahu bersinergi dalam menghadapi tantangan-tantangan kebangsaan ke depan,” ujar Jokowi Dodo.

Hadir dalam kesempatan itu, pimpinan dan ketua lembaga negara, para menteri kabinet kerja, gubernur, bupati, wali kota, kepala lembaga pemerintahan non kementerian ( Rel )

Komentar Anda
SHARE