Banyak Koperasi Tidak Kreatif dan Hanya Berorentasi Proposal Bantuan

0

REDELONG-Banyak koperasi yang dibentuk hanya berorentasi  mengharapkan bantuan dari Pemerintah tanpa berusaha kreatif dan mengembangkan produk-produk unggulan, hal itu diungkapkan oleh Miharbi, S, Sos, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bener Meriah disela-sela bimbingan Tekhnis dan pemahaman perkoperasian di gedung serba guna (Aula) Setdakab Bener Meriah,Kamis, (20/10/2016).

“Hal ini sebenarnya sangat memprihatikan, namun hal ini banyak kita temui dilapangan”ujar Miharbi. Padahal, Koperasi mempunyai peran penting dalam mendorong tumbuhnya perekonomian terutama menumbuhkan usaha kecil atau UKM “Saat ini untuk membentuk koperasi harus mendapatkan izin dari kementerian Koperasi, namum tidak memberatkan, sistemnya secara online dan sehari bisa siap”ujarnya.

Untuk di Bener Meriah sendiri Kata Miharbi pihaknya berusaha mendorong Untuk memberikan bantuan kepada koperasi-koperasi yang berprestasi “Kita berharap tidak hanya sekedar piagam penghargaan, namun bantuan-bantuan berupa dan peralatan-peralatan”kata Miharbi.

Sementara itu, Plt Bupati Bener Meriah, Rusli M Saleh dalam sambutannya ketika membuka pelatihan INI mengatakan koperasi sangat berperan penting dalam membantu ekonomi kerakyatan. Para pengusaha yang hanya mempunyai modal kecil serta petani yang memerlukan pupuk dan alat-alat pertanian dapat terbentuk dengan adanya koperasi.

“Saat ini koperasi di Bener Meriah mulai berjalan dengan baik, kendati belum sempurna tapi sudah bagus. Saya juga mengharpakan agar pengurus koperasi harus tranasparan,”pinta Drs. H. Rusli M Saleh.

Selain itu dia menambahkan, agar koperasi dapat berjalan optimal di kampung-kampung, diperlukan adanya partisipasi aktif dari masyarakat dalam kegiatan koperasi, sehingga peningkatan usaha-usaha masyarakatpun jadi berkembang.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 60 koperasi yang tersebar di sepuluh Kecamatan di Bener Meriah. Sementara itu terdapat 270 koperasi dan 750 lebih  UKM di Kabupaten penghasil kopi itu. (Wien Pengembara)

Komentar Anda
SHARE