Bantuan untuk Dampak Covid-19, Sarkawi: Mulai Disalurkan Hari ini

  • Whatsapp

Kabargayo.com, Redelong: Pemerintah Kabupaten Bener Meriah mulai salurkan bantuan kepada fakir miskin dan  masyarakat terdampak covid-19 di daerah penghasil kopi tersebut. Penyerahan secara simbolis diserahkan oleh Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi di Redelong, Senin, (13/4/2020).

Read More

“Alhamdulillah, karena data dari desa melalui kecamatan telah masuk, maka mulai hari ini sampai beberapa hari ke depan akan dilakukan pembagian bantuan pemda kepada warga yang terdampak” ungkap Sarkawi saat dikomfirmasi Kabargayo melalui pesan Whatapps.

Bantuan ini terang Abuya akan distribusikan oleh dinas terkait bersama pihak kecamatan di setiap desa.

Sarkawi menerangkan bantuan ini merupakan salah satu upaya  pemerintah  untuk membantu kebutuhan warga ditengah musibah Covid 19 sekaligus   untuk mencegah dampak penurunan ekonomi masyarakat selama darurat covid-19 ini.

Senada dengan itu, Kabag Humas Bener Meriah, Wahidi menerangkan, bantuan diberikan dalam bentuk uang dan beras kepada Keluarga Kurang Mampu dan kepada warga paling terdampak Covid-19.

“Penerimanya selain dari PKH dan BPNT. Rp 500.000 untuk KK kurang mampu dan 14 Kg beras untuk terdampak (Covid-19)” ujar Wahidi.

Wahidi merincikan, masyarakat yang akan menerima bantuan yakni 16 persen untuk keluarga paling terdampak dari total KK Bener Meriah  sejumlah 46 Ribu lebih KK selain penerima PKH, BPNT dan keluarga kurang mampu.

“Tak hanya itu, ada  juga 13 persen KK penerima bantuan kurang mampu selain penerima PKH, BPNT dan terdampak”terangnya.

Selain bantuan yang disebutkan diatas, ada juga bantuannya lainnya yang diberikan oleh pemerintah kabupaten Bener Meriah kepada masyarakatnya yakni bantuan modal usaha menanam untuk seluruh KK.

Kabag Humas Bener Meriah ini menerangkan untuk penyaluran kepada masyarakat melalui Dinas sosial dan Baitul Mal berserta pihak kecamatan.  

“Penerima diverifikasi dan ditetapkan oleh masing-masing Reje Kampung yang ada di Bener Meriah” ungkapnya.

Sementara itu, untuk bantuan menanam  (Ketahanan Pangan) untuk masyarakat Bener Meriah sebut Wahidi saat ini pemerintah daerah bersama pihak terkait sedang membahas teknis penyerahannya.

Bupati Sarkawi mengajak masyarakat untuk bersatu melawan covid-19 dengan cara mengikuti anjuran dari pemerintah, harus memakai masker bila hendak keluar rumah, selalu mencuci tangan, hingga menjaga pola hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, selalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan yang melibatkan banyak orang, pesannya. (ARS)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts