Banjir di Pegasing, 43 Rumah di Empat Desa Terendam Air Bercampur Lumpur

TAKENGON: Tingginya curah hujan dikawasan Pegasing membuat dua anak sungai yang mengalir dari Kampung Lelumu dan kawasan Bur Lintang tak sanggup menampung debit dan meluap ke rumah warga dampaknya empat desa di kecamatan Pegasing Aceh Tengah terendam air, Minggu (22/4/2018).

Empat desa tersebut adalah Kampung Sukadamai, Pedekok, Ierop dan Kedelah. Pihak Tagana Aceh Tengah kepada wartawan menyebutkan dari pendataan yang mereka lakukan tercatat sedikitnya 43 rumah di empat desa yang berdekatan itu terendam air yang bercampur lumpur.

Rinciannya, 11 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya terendam air campur lumpur di Kedelah, 18 KK di Pedekok, 5 KK di Erlop dan 9 KK di Suka Damai.

Dua anak sungai yang mengalir dari Kampung Lelumu dan kawasan Bur Lintang bertemu di Kampung Kedelah dan mengalir ke Kampung Wihnareh dan yang kemudian dialirkan ke Sungai Peusangan di Lukup Badak, Kecamatan Pegasing Aceh Tengah.

Sumbatnya drainase disekitar pemukimam warga juga menjadi salah satu penyebab rumah warga terendam air bercampur lumpur.

Pihak berwenang hingga saat ini terus melakukan pendataan, sementara para warga yang rumahnya terendam air bercampur lumpur itu, terus berupaya untuk membersihkan rumahnya. (Wien Pengembara)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!