Baitul Mal Bener Meriah Tekankan Para Mustaqih Jangan Selewengkan Dana Bantuan Rehab Rumah

0

image

REDELONG-Sekertaris Baitul Mal Bener Meriah, Drs Jus Anri, menekankan kepada para Mustaqih penerima bantuan rehab rumah  agar tidak menyelewengkan dana bantuan tersebut untuk keperluan lain. Hal itu ia tegaskan  dihadapan para Mustaqih penerima dana tersebut yang bertempat di ruang kerja Ketua Baitul Mal Bener Meriah, Selasa, (14/6/2016).

Sedikitnya 33 Mustaqih menerima dana bantuan rehab rumah dari Baitul Mal Kabuten Bener Meriah yang bersumber dari penghasilan Zakat, dimana pada setiap mustaqih memperoleh dana sebesar Rp 17 juta rupiah.

” Jangan sampai para Mustaqih yang menerima dana bantuan rehab rumah tahun 2016 ini  menyelewengkan dana ini untuk kepentingan lain, karena dana yang di plot ini hanya untuk keperluan perehapan rumah saja” Tegas Jus Anri

Sementara itu Suparno SE, selaku bendahara penerimaan dan pengeluaran Baitul Mal Bener Meriah pada para Mustaqih yang merupakan penerima dana bantuan rehap rumah memaparkan mekanisme pengambilan dan membelanjakan dana tersebut”Para Mustaqih yang telah ada namanya dan yang telah melengkapi berkas persyaratannya untuk mengambil uang tersebut harus mempersiapkam materai Rp 3000 sebanyak 3 buah. Dan kemudian setiap Mustaqih harus melengkapi bon faktur rincian setiap barang yang dibeli dari toko”Ujar Suparno

“Kami menekankan pembelanjaan barang untuk keperluan perehapan rumah ini jangan sampai fiktif, artinya membelanjakan uang tersebut untuk kepentingan selain untuk keperluan rumah rehab tersebut, dan juga jangan sampai meminta Bon faktur pada toko tetapi tidak membeli bahannya” Pintanya.

Drs Ramin T Kepala Baitul Mal Bener Meriah pada kepada Kabargayo mengatakan, program perehapan rumah untuk para Mustaqih merupakan salah satu program prioritas Baitul Mal Bener Meriah, dan perehapan ini sudah memasuki tahun kedua.

“Pada tahun ini kita akan merehap 33 unit rumah dimana setiap Kecamatan memperoleh 3 unit, dan kampung penerima program ini berdasarkan penilai rangking peyetoran zakat. Dalam hal ini kampung yang menerima dana rehap untuk mustaqih dari rangking 4,5 dan 6″paparnya.

Dia menambahkan untuk besaran dana permustaqih tahun ini Rp 17 juta tidak seperti tahun sebelumnya yang  hanya Rp 15 juta “Meningkatnya dana rehab rumah dari tahun sebelumnya  karna kami menilai Rp15 juta  sangat kurang” jelasnya lagi.

Ia juga menambahkan, alasan Baitul Mal menyalurkan bantuan rehan rumah pada bulan Ramadhan ini karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan rahmat, “Apalagi 1 Ramadhan sampai 10 Ramadhan merupakan penuh dengan rahmat, meskipun perehapan rumah itu di bulan Ramadhan kami berharap pada
mustaqih yang merehab rumahnya jangan sampai tidak berpuasa” harapnya.

Ramin juga mengungkapkan, tujuan perehapan rumah ini, agar para
mustaqih mendapat kenyamanan dan meningkatkan perekonomiannya, serta memperoleh rumah lebih layak huni. ”
Setelah hari ini Mustaqih penerima dana bantuan rehab rumah sudah bisa mengambil uangnya, agar mereka dapat terus merehap rumah mereka dan dapat di nikmati sebelum menjelang lebaran nanti” Tutup Ramin (Gona)

Komentar Anda
SHARE