Babinsa Koramil 09/PRG Bersama Petani Turun ke Sawah Bersihkan Gulma

0

TAKENGON-Danramil-09/PRG Kapten Inf Trimo menjelaskan, Gulma atau rumput liar merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu produktivitas tanaman padi yang kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman. Macam-macam gulma pada tanaman padi ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi, atau sering disebut “jawan padi”, rumput di sekitar tanaman padi, jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat. 

Selain itu penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari. Gulma pada tanaman harus segera ditanggulangi agar pertumbuhan tanaman bisa berjalan dengan baik. 

Untuk memudahkan cara pengendalian gulma sebaiknya menggunakan sistim tanam jajar legowo dengan jarak tanam {(20 x 10) x 30} cm. Pada bagian lorong yang luas (30 cm) penyiangan gulma dapat menggunakan cangkul dan pada bagian yang sempit (20 cm) dapat menggunakan kored. Pada bagian yang sempit juga dapat digunakan untuk larikan pupuk dasar dan susulan petama. Selanjutnya tanaman cepat menutup dan penyiangan susulan hanya pada lorong yang lebar, Ungkap Danramil-09/PRG.

Tujuan dari pembersihan gulma ini adalah agar tanaman padi bisa tumbuh normal tanpa ada saingan atau sejenis parasit yang merugikan dikarenakan tanaman gulma tersebut dapat merebut atau mengurangi asupan makanan yang dibutuhkan pada tanaman padi. Setiap tanaman memerlukan perawatan dan pemeliharaan, tak terkecuali pada tanaman padi, diantaranya adalah pemupukan,penyemprotan hama, penyiangan tanaman atau pembersihan gulma tanaman.

Sesuai dengan tugas yang telah dibebankan kepada para babinsa untuk mengawal keberhasilan swasembada ketahahanan pangan Nasional, kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pertanian di wilayah binaan, para babinsa harus mengetahui dan aktif, bukan hanya aktif di lapangan tetapi hal-hal yang bersifat tehnis serta teori tentang pertanian mereka harus tahu. Untuk itu kalau ada pertemuan pok tani dan kursus singkat pertanian di pok tani yang disampaikan oleh rekan PPL di wilayah babinsa harus hadir, Tegas Kapten Inf Trimo.(REL)

Komentar Anda
SHARE