Saat Pak Nas “Berlibur”

0

Gerak || Takengon

Meski hari libur, Bupati Aceh Tengah Nasaruddin menyempatkan diri mengunjungi objek wisata paling populer di Aceh Tengah, Danau Laut Tawar yang terletak persis di tengah-tengah provinsi Aceh.

Memasuki hari ketiga tahun baru, tepatnya 3 Januari 2016, didampingi oleh Kapolres, Kasdim 0106 serta sejumlah pejabat eselon II, Nasaruddin mengunjungi sejumlah tempat yang ramai dikunjungi masyarakat, baik yang berasal dari kabupaten Aceh Tengah maupun dari luar daerah.

Salah satu tempat yang dikunjungi orang nomor satu di Aceh Tengah itu adalah objek wisata Ujung Sere, sekitar 8 kilometer sebelah barat Bintang, atau 18 kilometer sebelah timur kota Takengon.

Disamping meninjau lokasi, Nasaruddin terlihat sempat berbincang-bincang dengan wisatawan lokal yang berasal dari kabupaten tetangga, Bener Meriah.

“Dari mana ibu?,” tanya Nasaruddin kepada salah seorang wanita paruh baya.

“Dari Belang Lancang, pak,” jawab perempuan tersebut sembari menjelaskan kalau suaminya bekerja sebagai petani.

Melihat keceriaan keluarga yang sedang menikmati keindahan Danau Laut Tawar, Nasaruddin pun memberi support.

“Baguslah bawa keluarga dan anak-anak kesini. Jangan cuma menghabiskan waktu di kebun. Refreshing kan perlu juga, terutama buat anak-anak,” Nasaruddin melanjutkan.

Kehangatan Nasaruddin dengan wisatawan lokal tersebut ternyata tidak berlangsung lama. Sesaat kemudian Nasaruddin beserta rombongan beranjak pulang menuju Takengon dan mampir sejenak di kawasan Pedemun One-one guna menunaikan shalat zuhur dan makan siang.

Memasuki hari ketiga tahun 2016, Bupati Aceh Tengah Nasaruddin mengunjungi objek wisata terkemuka di Dataran Tinggi Gayo, yaitu Danau Laut Tawar yang terletak di ketinggian 1200 meter dari permukaan laut.

Bersama Kapolres Aceh Tengah AKBP Dodi Rahmawan, Kasdim 0106 Mayor Kav.Widya Widihantoro, dan sejumlah kepala dinas, Nasaruddin menyempatkan diri mengunjungi sejumlah tempat di pinggiran danau yang banyak dikunjungi masyarakat, Minggu, 3 Januari 2016.

Berhubung hari libur, sejumlah tempat terlihat ramai dikunjungi masyarakat, baik yang berasal dari luar daerah maupun dari wilayah Kabupaten Aceh Tengah sendiri, seperti Pante Menye, Ujung Sere serta Pedemun One-one.

Secara keseluruhan pengunjung di sejumlah objek wisata berlaku tertib dan seluruh aktifitas berjalan dengan aman tanpa adanya insiden yang dilaporkan, seperti yang diungkapkan oleh Kapolres AKBP Dodi Rahmawan.

“Hingga detik ini kami belum mendapat laporan adanya insiden, baik dari pengguna jalan maupun yang sedang bermandian di tepi danau,” ujar Kapolres.

Senada dengan Kapolres, Bupati Aceh Tengah Nasaruddin mengatakan pihaknya jauh-jauh hari telah mengeluarkan himbauan agar masyarakat yang mengunjungi objek wisata Danau Laut Tawar dapat berlaku tertib dengan mematuhi peraturan dan rambu-rambu yang terpasang.

“Biasanya hari libur banyak yang membawa keluarga ke danau. Kami ingatkan agar masyarakat mematuhi semua peraturan, termasuk rambu-rambu yang terpasang di kawasan objek wisata,” Nasaruddin memaparkan.

Salah satu himbauan yang paling sering dilontarkan menyangkut para pengunjung yang datang untuk mandi di pinggiran danau.

“Jangan sampai terlalu ke tengah demi keselamatan. Biasanya di titik tertentu sudah terpasang rambu bagi pengunjung. Harap dipatuhi,” sambungnya.

Adapun akses jalan sepanjang pinggiran danau, masih berlangsung peningkatan jalan sebelah utara sehingga jalan berdebu saat dilalui kenderaan roda empat.

Sedangkan jalan bagian selatan tidak terdapat kendala yang berarti sehingga akses menuju Bintang dari Takengon dan sebaliknya dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit.( Wien Pengembara)

Komentar Anda
SHARE