Asisten I Bener Meriah Buka Lomba Melengkan dan Syair Gayo


REDELONG: Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesmas Drs. Mukhlis membuka lomba Melengkan dan syair Gayo tingkat SLTP sederajat se Kabupaten Bener Meriah, Senin (16-9-2019)
Dalam pidato Bupati, Asisten 1 Setdakab Bener Meriah menyampaikan, pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada Majelis Adat Aceh (MAA) Bener Meriah yang telah menggelar lomba Melengkan dan syair Gayo kepada pelajar selaku generasi muda. ”Acara ini sangat bermanfaat sebagai upaya mengingatkan kembali kepada generasi muda akan tradisi budaya Gayo yang harus dilestarikan,”ucap Drs. Mukhlis.


Dia menambahkan, saat ini budaya Melengkan merupakan kesenian tradisional masyarakat Gayo yang mulai luntur karena pengaruh budaya global, munculnya budaya asing dikhawatirkan akan terjadi pergeseran nilai yang bersifat kontradiktif dengan adat istiadat masyarakat Gayo itu. Tidak hanya itu kata Asisten Pemerinatahan dan Kesmas Bener Meriah itu, semakin besarnya budaya asing yang dapat diakses melalui jaringan elektronik dan internet dikhawatirkan akan berimbas terhadap pergeseran nilai dan hilangnya jati diri kita sebagai urang Gayo.


Drs. Mukhlis menerangkan, orang-orang tua dulu mengembangkan tradisi Melengkan dan syair Gayo dengan cara memasukan syair yang berisi ajaran dan hokum Islam, malah karya cipta para leluhur itu telah mempengaruhi kehidupan masyarakat secara positif dan turun temurun. Semua gerak gerik kehidupan masyarakat selalu terikat pada aturan, norma dan nilai-nilai yang dikemas dalam adat istiadat, ini menunjukkan bahwa eratnya hubungan adat dan agama di dalam masyarakat. “Mudah-mudahan melalui perlombaan Melengkan dan syair Gayo ini dapat mengingatkan para generasi muda untuk terus melestarikan tradisi dan seni khas Gayo ini.”harapnya.

Sebelumnya, Buhari selaku ketua panitia lomba Melengkan dan syair Gayo tingkat SLTP dan MTsN se Kabupaten Bener Meriah dalam laporannya menyampaikan, kegiatan lomba tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi siswa maupun siswi di tingkat SLTP sederajat di Kabupaten Bener Meriah dalam dibidang kata Melengkan dan syair Gayo juga pengembangan budaya Gayo. Selain itu.

“Lomba Melangkan dan syair Gayo ini di ikuti sebanyak 12 sekolah SLTP dan MTsN se Kabupaten Bener Meriah.”kata Buhari.(REL)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!
Sponsored content