Asiknya Terbang Paralayang dari Gunung Bendera Bener Meriah

Photo: Agus Nurza

Kali pertama Paralayang digelar di Bener Meriah disebut sebagai salah satu tempat terbang terbaik, potensi yang menunggu dikembangkan

REDELONG: Tidak semua orang punya nyali untuk mencoba olah raga Paralayang, namun kalau sudah merasakan akan mendapat kepuasaan tersendiri, kepuasaan yang bahkan tidak terucapkan, kepuasaan inilah yang dirasakan oleh Hendra Cimin, atlit Paralayang yang menjadi instuktur Paralayang di Gunung Bendera Bener Meriah. Hampir 20 tahun ia menekuni olah raga uji nyali ini.

“Gunung Bendera Bener Meriah cocok untuk cross cuontry dan rest to gold sehingga, ditempat ini layak untuk menjadi ajang kejuaraan Parayalang nasional dan internasional”ujar pria yang akrab disapa Cimin ini.

Pertama kali digelar di Kabupaten penghasil kopi Arabika terbaik ini, menjadi daya tarik tersendiri. Bupati Bener Meriah, Ahmadi, SE dan Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru ikut menjajal olah raga ini. Heri Suseno menjadi pilot dua bupati kabupaten bersaudara ini ketika terbang dan berputar-putar di langit Bener Meriah.

Gunung Bendera sebut Cimin sangat pontensial menjadi tempat terbang Paralayang, selain mempunyai pemandangan indah, hamparan di kaki Gunung Bendera yang berdekatan dengan gunung merapi Burni Telong sangat baik menjadi tempat mendarat.

Photo: Agus Nurza

Terdapat beberapa tempat atau lokasi untuk dijadikan tempat mendarat yang cukup bagus, seperti bisa lapangan Babussalam, lapangan bola Delung, kampung Tunggul Naru, Bale Atu, Bandara Rembele dan lain-lainnya. Dengan ketinggian 1600 Mdpl, setelah take off dari gunung bendera para penerbang bakal disuguhi pemandangan yang eksotis, hamparan kebun kopi memanjakan mata.

“Untuk mengembangkan potensi ini, kita akan mempersiapkan fasilitas pendukung Paralayang, kita akan membuat paralayang menjadi destinasi wisata baru di Bener Meriah”jelas Bupati Bener Meriah Ahmadi, salah satunya adalah mempersiapkan gunung Bendera sehingga semakin layak sebagai tempat terbang paralayang untuk kejuaraan baik tingkat nasional maupun internasional.

Photo: Humas Bener Meriah

Ketua Club Gayo Termerbang Paragliding (Paralayang) Robi yang menginsiasi Paralayang di Bener Meriah, berharap olah raga Paralayang makin berkembang di kabupaten berhawa sejuk itu.

“Daerah ini mempunyai potensi yang besar untuk pengembangan olah raga paralayang dengan alam yang indah sebagai daerah wisata sehingga membantu peningkatan ekonomi masyarakat”ujar Robi, ia mengapresiasi Bupati Bener Meriah yang antusias memberikan dukungan penuh hingga terlaksananya kegiatan itu. (Arsadi Laksamana)

SHARE