Asiknya Bermalam di Ketambe Aceh Tenggara

0

KUTECANE-Ketambe merupakan nama Kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara. Wilayahnya berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) tempat ini merupakan salah   objek wisata alam andalan di Aceh Tenggara.

Berkunjung ke Ketambe maka kita akan disuguhi oleh suasana hutannya alami. Berbagai satwa hidup damai di sini seperti burung, bajing, dan orangutan yang bergelantungan di pohon.

Daya tarik Ketambe salah satunya adalah karena berdekatan dengan  Taman Nasional Gunung Leuser dan juga tep
ian Sungai Alas. dahulu Sungai Alas merupakan primadona bagi pencinta rafting, karena Grade disungai ini bisa mencapai tingkat 3 bahkan jika musim hujan bisa berubah menjadi tingkat 4.

Bagi pengunjung yang ingin menginap di Ketambe, ditempat ini tersedia  banyak penginapan eco lodge. Letaknya  dipinggir jalan, para pemilik pondok juga menawarkan paket wisata adventure dimulai dari trekking ke Taman Nasional Gunung Leuser, Rafting di sungai alas, bird watching, trekking di Rain Forest, bahkan sampai night trekking. bagi pencinta alam liar, mencoba rafting di sungai Alas bisa menjadi pilihan.

Menginap di pemondokan yang tersedia akan terasa nyaman. Selain ditemani oleh suara air sungai Alas, anda juga dapat menikmati suasana malam yang tenang diantara pegunungan Leuser yang membentang.

Ketambe  merupakan cagar alam hayati yang dikelilingi oleh tumbuh-tumbuhan besar yang didalam terdapat hewan-hewan tropis.  Sebagian merupakan hewan yang dilindungi di dunia

Tempat ini juga banyak dijadikan sebagai bahan penelitian khususnya di bidang flora dan fauna oleh beberapa lembaga penelitian nasional maupun internasional. Ketambe banyak dikunjungi oleh turis lokal dan mancanegara.

Pegunungan yang curam di sekitar Ketambe juga adalah daya tarik sendiri bagi mereka yang hobi mendaki gunung, belum lagi dengan keunikan dan sumber daya alam nabati yang melimpah pantasnya tempat menjadi salah satu target penelitian oleh para ilmuwan sebagai bahan penelitian.

Udara yang segar yang berhembus dari hutan dan lereng pegunungan melegakan pernapasan. Suasana di pagi hari dengan suara kicauan burung-burung hutan juga menambah kenyamanan. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin melepas kepengatannya dari suasana kota yang bising dan berpolusi.

Berjarak Kira-kira 20 Km dari  Kutacane, ibukota Aceh Tenggara  Ketambe dapat ditempuh melalui transportasi darat. Kira-kira satu jam perjalanan dari Kutacane.  (Wien Pengembara)

Komentar Anda
SHARE