Antisipasi Kecurangan, PDI P Aceh Tengah Adakan Pembekalan Saksi 

0

TAKENGON: Antisipasi kecurangan  saat pelaksanaan Pilkada terutama saat hari pencoblosan dan perhitungan suara yang tinggal menghitung hari di Kabupaten Aceh Tengah, DPC Partai Demokrasi Indonesia- Perjuangan (PDI- P), menyelenggarakan pelatihan dan pembekalan saksi. Kegiatan ini berlangsung di Aula Hotel Linge Land Takengon Aceh Tengah, Minggu, 5/2 /017.


Pelatihan ini  diikuti oleh sebanyak 980 orang saksi yang telah direkrut oleh DPC PDI- P Aceh Tengah. Pembekalan tersebut, bertujuan guna meningkatkan pengawasan terhadap indikasi akan rawannya kecurangan. Diharapkan nantinya para saksi akan mampu melaksanakan tugas-tugasnya sebagai saksi di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di seluruh kecamatan dan desa sekabupaten Aceh Tengah. 

“Jika mengacu pada pengalaman Pilkada 2012 lalu dimana ada ditemukanya salah satu kandidat yang terindikasi melakukan kecurangan, dengan cara memanfaatkan kertas suara yang tidak dimanfaatkan oleh orang yang telah mendapatkan hak pilih (terdaftar sebagai pemilih) dalam Pemilukada 2012 tersebut, serta telah sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) tetapi tidak melaksanakan pilihannya, untuk kemudian disalahgunakan oleh salah satu kandidat tersebut, apa yang kita lakukan hari ini salah satunya adalah mengantisipasi kecurangan tersebut”jelas Sekretaris DPC PDI Perjuangan Aceh Tengah, Ikwanussufa  kepada media.

Acara pelatihan yang di agendakan berlangsung selama 4 hari tersebut, dibuka oleh Tagore Abubakar, anggota  Anggota DPR RI, politikus asal Aceh Tengah dari Partai PDI-P yang juga Wakil Ketua DPD PDI-P  Aceh.

Pemateri lainnya kata Ikwanussufa berasal dari BSPN Sumatera Utara dan Anggota Bidang Pelatihan Saksi DPC Depok Jawa Barat. Dalam pelaksanaan pelatihan tersebut, 980 orang saksi yang mengikuti pelatihan akan di bagi menjadi 4 kelompok dengan jumlah peserta setiap harinya berumlah 274 orang. 

Untuk segala upaya tersebut, kata Ikwanussufa  tidak lain bertujuan guna mendukung terpilihnya pasangan Shabela Abubakar dan Firdaus yang maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah periode 2017-2022  yang diusung oleh Partai PDI-P dan PAN.(Erwin SP).

Komentar Anda
SHARE