Anggota PPK dan PPS di Bener Meriah Dilantik

REDELONG : Bupati Bener Meriah Ahmadi, SE dan Wakil Bupati Tgk. H. Sarkawi menghadiri pelantikan anggota PPK dan PPS se-Kabupaten Bener Meriah, Jum’at (9-3-2018) di Gedung Olahraga dan Seni Pemkab setempat.

Bupati Ahmadi, SE dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada PPK dan PPS se Kabupaten Bener Meriah yang baru saja dilantik. “Mudah-mudahan dapat menjalankan tugas dengan baik dan amanah.”harap Ahmadi.

Bupati Bener Meriah itu menerangkan, pelaksanaan pemilu 2019 yang akan datang berbeda dengan pelaksanaan pemilu sebelumnya, “berbeda dalam artian agendanya, jika sebelum-sebelumnya pemilu legeslatif hanya hanya kita laksanakan memilih DPR kabupaten, memilih DPR provinsi, DPRRI dan DPD, sedangkan pada pemilu 2019 pada April yang akan datang ditambah satu pemilihan, yaitu, pemilihan presiden dan wakil presiden.”papar Ahmadi.

Maka oleh karena itu kata Bupati Bener Meriah, dirinya yakin dan percaya dengan PPK dan PPS yang ada saat ini, pemilu akan sangat sukses di Kabupaten Bener Meriah tersebut. “Cuma satu yang saya mau ingatkan, pemilu itu banyak godaannya.”ujar Bupati Ahmadi itu.

Diakhir sambutannya Bupati Bener Meriah Ahmadi, SE meminta agar panitia pemilu memberikan pelayanan yang sama kepada seluruh partai politik, “jangan pilih kasih.”pinta orang nomor satu di Kabupaten Bener Meriah itu.

Sebelumnya, Ketua KIP Bener Meriah Muhtarudin dalam sambutannya menyampaikan, tahapan pemilu 2019 sudah dimulai sejak 17 Agustus 2017 yang lalu, satu tahapan besar Pemilu 2019 sudah berhasil dilewati dengan baik, yaitu tahapan pendaftaran dan verifikasi calon peserta pemilu 2019 yang dimulai sejak 3 September 2017. KPU Republik Indonesia telah menetapkan 19 partai politik peserta pemilu 2019 yang terdiri dari 15 partai nasional, dan 4 partai lokal provinsi Aceh.

“KIP Bener Meria telah melaksanakan juga pembentukan panitia ADHOC tingkat kecamatan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Kegiatan pembentukan panitia ADHOC dilaksanakan sejak pengumuman, pendaftaran, tanggal 12 Januari 2018 dan telah terpilih 30 calon PPK dan 699 calon PPS untuk penyelenggaraan pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Bener Meriah yang hari ini akan dilantik untuk mulai bekerja secara resmi.”terang Muhtarudin.

Lanjutnya, pemilihan umum adalah sarana Kedaulatan rakyat untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, anggota Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, yang dilaksanakan secara langsung , umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pelaksanaan tahapan pemilu Tahun 2019 adalah titik awal yang setrategis bagi perjalanan Demokrasi khususnya di Kabupaten Bener Meriah.

Proses pemilihan umum rentan dengan segala bentuk godaan, penyimpangan, dan memiliki potensi dilakukan oleh individu-individu atau kelompok yang tidak bertanggung jawab. Pada saat yang bersamaan ada harapan yang sangat besar dari rakyat Bener Meriah, agar pemilihan umum Tahun 2019 di Kabupaten Bener Meriah dapat terselenggara dengan penuh Integritas Profesional, Angkuntabel, Aman, Damai, dan Demokratis.

Tambah Ketua KIP Bener Meriah itu lagi, demi masa depan Demokrasi, Negara dan Bangsa Indonesia yang lebih baik, sesuai dengan ketentuan pasal 73 ayat (1) UU Nomor 7 Tahun 2017, maka pada hari ini Jum’at tanggal 9 Maret 2018 bertempat di GOR Kabupaten Bener Meriah, kami selaku ketua KIP Bener Meriah akan melantik anggota PPK dan PPS secara serentak. Pada kesempatan ini kami ingatkan kepada PPK dan PPS yang akan dilantik agar senantiasa mematuhi segala peraturan dan perundangan yang berlaku dalam menjalankan seluruh tahapan pemilu Tahun 2019.

“Para calon PPK dan PPS terpilih agar mematuhi sumpah / janji sebagai PPK dan PPS dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Disamping pengucapan sumpah / janji selaku anggota PPK dan PPS kalian juga diwajibkan menanda tangani fakta integritas untuk menjalankan seluruh tahapan pemilu dan bertekat bekerja keras dengan bekerja sepenuh waktu jujur dan adil. Anggota PPK dan PPS untuk tetap berada pada jalur yang benar, independen, netral, non partisan walaupun kalian bekerja dibawah tekanan namun netralitas dan independensi selaku penyelenggara pemilu adalah segala-galanya.

Dengan demikian harapan masyarakat Bener Meriah yang besar tadi dapat diwujutkan dengan terpilihnya wakil-wakil rakyat di Kabupaten/Kota, Provinsi, Pusat, Presiden dan Wakil Presiden sesuai dengan harapan Rakyat.”terang Muhtarudin.

Katanya lagi, pasca pelantikan hari ini saudara sudah mulai resmi bekerja saya ucapkan selamat bekerja, kami bersyukur kepada ALLAH SWT, saudara sekalian telah diberi kepercayaan oleh Negara sebagai petugas penyelenggara pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Bener Meriah. Akhirnya kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Camat, Bapak Gecik, mitra kerja kami panwaslu Kabupaten Bener Meriah dan kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam kegiatan pembentukan PPK dan PPS Se-Kabupaten Bener Meriah. Kami mohon maaf atas segala kekurangan dan terimakasih atas dukungan dan kerja samanya. (REL)