Aneka Lomba Warnai Festival Kebudayaan Gayo, Catat Tanggalnya!

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disdikbud Aceh Tengah, Mahdi, S.Pd (Photo/Ist)

Kabargayo.com, Takengon: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Tengah melalui UPT Museum Negeri Gayo akan menggelar Festival Kebudayaan Gayo mulai tanggal 23-28 Mei 2022 mendatang.

Kegiatan itu akan dipusatkan di komplek UPTD Museum Negeri Gayo setempat. Dengan total hadiah Rp40 Juta.

Read More

Event aneka lomba tersebut mengangkat thema “Melalui festival kebudayaan Gayo, kita tingkatkan pelestarian sejarah dan nilai nilai kebudayaan Gayo”.

Pendaftaran telah dibuka sejak 20 April dan ditutup 17 Mei 2022 mendatang di Museum Negeri Gayo. Pendaftaran tidak dipungut biaya apapun.

Aneka lomba yang akan digelar diantaranya, Festival Didong antar Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tengah, rencananya akan digelar 23 Mei 2022.

Cerdas cermat tingkat Siswa SMA/MA dan SMK se Aceh Tengah, acara ini akan digelar pada 24 Mei 2022. Festival busana adat tradisional Gayo untuk umum akan dihelat pada 26 Mei 2022.

Lomba bercerita tingkat SMP/MTs akan dihelat pada 25 Mei 2022. Teater tingkat umum se Kabupaten Aceh Tengah akan dimulai pada 27 Mei 2022.

Sementara permainan olahraga tradisional tingkat SMP/MTs akan dihelat pada 28 Mei 2022. Belajar bersama di Museum tentang alat musik tradisional Gayo, Canang Gegedem dan Seruling.

Terakhir adalah pameran temporer tentang pelestarian sejarah dan nilai nilai Budaya Gayo. Semua kegiatan itu dipusatkan di UPTD Museum Negeri Gayo.

Kepala Bidang Kebudayaan, Mahdi mengatakan, seluruh undangan kegiatan itu telah diteruskan ke Camat selanjutnya diteruskan ke Reje Kampung yang ada di 295 Kampung dan 14 Kecamatan.

Bahkan, Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Aceh, Wilayah Aceh Tengah dan Kementerian AgamaTengah. pat telah merestui, sebanyak 19 Sekolah tingkat SMA, 4 SMK dan 17 Madrasah Aliyah serta diikuti sebanyak 11 pelajar tingkat MTS.

“Kegiatan ini direncanakan akan dibuka oleh pihak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Seluruh stakeholder dari Kabupaten Aceh Tengah dan Provinsi Aceh, Disbudpar Museum Aceh, Kepala UPT Taman Budaya dan Badan Pelestarian Nilai budaya Kementrian pendidikan dan kebudayaan ristek Republik Indonesia yang ada di Provinsi Aceh juga menyertai,” ujar Kadisdikbud Aceh Tengah melalui Kabid Kebudayaan Mahdi S. Pd sekaligus Plt. Ka. UPTD Museum Negeri Gayo, Sabtu 14/05/2022. (KG31)

Related posts