Anak TK Kartika Kodim Takengon Dan Koramil Ikuti Outbound

0

REDELONG – Bertempat di Mayonif Satria Musara Jln. Bandara Rembele Desa Karang Rejo, Kecamatan Bukit, Kabupaten Aceh Tengah, Kamis ( 06/04/2017 ). Taman Kanak-kanak Kartika Kodim 0106/Ateng dan Taman Kanak-kanak Kartika Koramil Model-05/Timang Gajah melaksanakan kegiatan Outbound dengan koordinator Ibu Bambang Suhartono dan di pandu oleh instruktur Bintara Yonif 114/SM Serka Arian menjelaskan tentang jenis senjata dan fungsinya yang bertempat di Mayonif Satria Musara Jln. Bandara Rembele Desa Karang Rejo, Kecamatan Bukit, Kabupaten Aceh Tengah, Kamis ( 06/04/2017 ).

Dalam kegiatan tersebut Ny. Bambang Suhartono mengatakan bahwa Outbound merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang secara langsung dilakukan di alam terbuka dengan memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran, kegiatannya belajar sambil bermain diisi oleh permainan atau ketangkasan dalam usaha membentuk kepribadian, memantapkan pemahaman kepemimpinan dan membentuk karakter anak percaya diri dan memperkenalkan lingkungan, melatih psikomotorik dan mengembangkan wawasan, pengetahuan, sikap dan prilaku anak.

Dengan pendekatan metode outbound dapat memberikan sebuah pengalaman langsung kepada anak. Anak langsung merasakan sukses atau gagal di dalam pelaksanaan sebuah tugas, karena anak terlibat langsung secara kognitif, afektif dan psikomotorik. Salah satu ciri metode outbound adalah penuh dengan kegembiraan karena dilakukan dengan permainan, sehingga anak merasa senang di dalam kegiatan belajar. Melalui pengalaman belajar di alam terbuka ditemukan adanya keterangsangan minat belajar dan kegembiraan pada diri anak. Keterangsangan dan kegembiraan dalam bermain menyebabkan anak akan belajar dan memahami makna dari bermain tersebut, Tutur Ny. Bambang Suhartono.

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai bahan pembelajaran dan untuk mengembangkan potensi-potensi kecerdasan multi intelligence antara lain agar anak dapat berkembang bila dirangsang melalui kegiatan berdiskusi, berbicara, mendengarkan,  bercerita yang dilakukan sebelum aktivitas permainan dilaksanakan, kecerdasan logika-matematik, kecerdasan visual kemampuan ruang, kecerdasan musikal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan mencintai keindahan alam dan  kecerdasan kemampuan untuk melakukan hubungan antar manusia atau berkawan serta kecerdasan kemampuan memahami diri sendiri.(REL)

Komentar Anda
SHARE